Boros atau Bijak? Berapa Kali Sehari Sebaiknya Sikat Gigi?

Boros atau Bijak? Berapa Kali Sehari Sebaiknya Sikat Gigi?

Sikat gigi adalah kegiatan harian yang sering dianggap sepele, namun memiliki dampak besar pada kesehatan mulut dan gigi kita. Pemeliharaan gigi yang baik adalah kunci untuk mencegah berbagai masalah mulut, mulai dari karies gigi hingga penyakit gusi. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengikuti aturan sikat gigi yang benar. Berikut adalah tips menjaga kesehatan gigi secara optimal. 

Boros atau Bijak? Berapa Kali Sehari Sebaiknya Sikat Gigi?

1. Lakukan Setidaknya Dua Kali Sehari

Aturan pertama yang harus diikuti adalah sikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu saat pagi dan sebelum tidur malam. Membersihkan gigi di pagi hari membantu menghilangkan bakteri yang berkembang selama tidur, sedangkan sebelum tidur membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri yang menumpuk sepanjang hari.

2. Menggunakan Sikat yang Sesuai

Pilih sikat yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sikat gigi biasa cocok untuk sebagian besar orang, tetapi jika Anda memiliki masalah gigi sensitif atau gigi yang terlalu rapat, pertimbangkan untuk menggunakan sikat khusus. Pastikan sikat yang kamu gunakan memiliki bulu yang lembut agar tidak merusak enamel gigi.

3. Memilih Pasta Gigi yang Tepat

Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride membantu menguatkan enamel gigi dan melindungi gigi dari kerusakan. Selain itu, pasta gigi dengan kandungan fluoride juga efektif dalam mencegah pembentukan plak dan karies gigi.

Baca Juga

4. Lakukan dengan Teknik yang Benar

Teknik menyikat yang benar sangat penting. Gunakan gerakan melingkar lembut, dan pastikan kamu menyikat semua permukaan gigi, termasuk bagian dalam, luar, dan bagian atas gigi. 

Jangan lupakan lidah dan langit-langit mulut yang juga bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri.

5. Sikat Gigi selama Dua Menit

Sikat gigi selama setidaknya dua menit setiap kali kamu menyikat gigi. Ini adalah waktu yang cukup untuk membersihkan semua area gigi kamu dengan baik. Jika perlu, gunakan timer untuk memastikan kamu menyikat gigi selama dua menit penuh.

6. Ganti Sikat Secara Teratur

Sikat yang digunakan perlu diganti secara teratur, biasanya setiap tiga hingga empat bulan atau ketika bulu sikat sudah mulai aus. Sikat yang aus tidak akan efektif membersihkan gigi dengan baik.

7. Jangan Lupa Membersihkan Lidah

Lidah juga dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Gunakan pembersih lidah atau sisi belakang sikat kamu untuk membersihkan lidah secara lembut.

8. Gunakan Benang Gigi

Selain menyikat gigi, penggunaan benang gigi secara teratur adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan mulut. Benang gigi membantu membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

9. Batasi Konsumsi Gula

Pola makan juga berperan penting dalam kesehatan gigi. Batasi konsumsi makanan dan minuman berlebihan yang mengandung gula, karena gula dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan pembentukan plak.

10. Berkonsultasi dengan Dokter Gigi secara Rutin

Setelah memenuhi 9 aturan sebelumnya, jangan lupakan kunjungan rutin ke dokter gigi. Pemeriksaan rutin membantu mendeteksi masalah mulut lebih awal dan mencegah perkembangan penyakit yang lebih serius. Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan gigi rutin di RSGM IIK Bhakta

Sikat gigi yang baik adalah dasar dari kesehatan mulut yang optimal. Dengan mengikuti aturan yang benar, kamu dapat menjaga gigi dan mulut tetap sehat, menghindari masalah seperti karies gigi, penyakit gusi, dan bau mulut yang tidak sedap. Dan kamu juga bisa menjadi dokter gigi yang membantu dalam penanganan sakit gigi pasien. Yuk mulai dengan kuliah S1 Kedokteran Gigi dan Pendidikan Profesi Dokter Gigi di IIK Bhakta. Daftar sekarang juga!

Punya Pertanyaan? Admin kami siap membantu.

Link: