Fakta Unik Penyakit Flu

8 Fakta Mengenai Flu

1. Flu memerlukan 48 jam untuk menginfeksi tubuh

Jika anda terserang Flu, maka ingatlah aktivitas yang anda lakukan 2 hari sebelumnya. Menurut penelitian, virus Flu dapat menanamkan dirinya ke lapisan sel tubuh manusia dan menginfeksi setelah anda terkontaminasi virus selama 48 jam/ 2 hari.

2. Olahraga adalah obat terbaik

Agar Flu cepat sembuh, maka olah raga adalah jalan terbaik. Olah raga mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga darah putih yang berfungsi sebagai imun tubuh dapat menyembuhkan sel-sel yang terinfeksi. Usahakan untuk berolah raga 5 kali seminggu, dilakukan selama 30 menit sehari.

3. Kurang tidur

Penyebab utama seorang terjangkit Flu ialah kurang tidur. Tidur lebih baik jika dilakukan rata-rata 7 hingga 8 jam sehari. Jika dilakukan kurang dari 7 jam, dan dilakukan berkali-kali, maka sistem kekebalan tubuh akan menurun. Menurut Penelitian dari Carnegie Mellon University, orang yang menghabiskan waktu tidurnya di bawah 92% berisiko lima kali lebih besar terjangkit Flu.

4. Vitamin C

Banyak orang mengatakan bahwa vitamin C dapat menangkal virus Flu. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar. Vitamin C tidak menyembuhkan Flu, namun meningkatkan imunitas tubuh kita untuk menangkal virus. Jadi tubuh kitalah yang sebenarnya melakukan penyembuhan diri.

5. Mengalami Flu 200 kali

Tahukah anda bahwa rata-rata orang berumur 75 tahun telah mengalami Flu sebanyak 200 kali. Sedangkan pada anak-anak, risiko terkena virus Flu sebanyak 4 hingga 8 kali dalam setahun. Sedangkan untuk orang dewasa memiliki risiko terkena virus Flu rata-rata dua kali dalam setahun.

6. ASI mampu mengobati Flu

Tom Bayne, DC, praktisi ChicagoHealers.com. menghasilkan penelitian bahwa zat yang ada di dalam ASI (Air Susu Ibu) mengandung Monolaurin yang mampu meredakan gejala Flu dan kelelahan. Monolaurin memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh lebih baik daripada vitamin C.

7. Flu membuat gemuk

Peneliti di Rady Children’s Hospital di San Diego menemukan bahwa anak-anak yang terkena Flu (adenovirus) mengalami masalah pencernaan yang mengakibatkan kenaikan berat badan sebanyak 50 pon daripada anak yang belum terjangkit Flu.

8. Bunga Echinacea

Peneliti dari Universitas Connecticut menemukan bahwa bunga Echinacea dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari virus Flu. Suplemen yang berasal dari bunga Echinacea dipercaya mampu meredakan gejala Flu. Dipercaya bahwa Echinacea memiliki kandungan zat yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.