Mencintai Diri Sendiri? Ini 5 Caranya!

Ini Dia 5 Langkah Untuk Mencintai Diri Sendiri

Mencintai orang lain seringkali terasa lebih mudah ketimbang mencintai diri sendiri (self love). Padahal mencintai diri sendiri itu sangat penting. Bukan teman, bukan pula orang tua, tapi satu-satunya orang yang paham betul tentang hidup kita adalah diri sendiri. 

Namun, nyatanya membangun keharmonisan diri sendiri bukanlah hal gampang. Apalagi Anda sulit menerima kekurangan diri sendiri karena merasa insecure dengan milik orang lain. Tidak sedikit orang pula yang lebih memprioritaskan kebahagiaan orang lain dibandingkan diri sendiri. 

Jadi mulai sekarang Anda harus mencintai diri sendiri terlebih dulu sebelum mencintai orang lain. Memulainya dapat diawali dengan cara-cara sederhana. Bukan berarti egois. Justru, Anda mampu menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati. Juga dapat berlapang dada untuk merangkul semua kekurangan diri tanpa perlu ditutupi. Intinya, harus dilakukan dengan sepenuh hati dan tanpa syarat.

Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan mencintai diri sendiri. Salah satunya adalah Anda akan terbebas dari beban sosial karena tidak membandingkan diri dengan orang lain. Rasa percaya diri juga lebih terpancar. Tidak hanya itu saja, self love juga mampu mengurangi gangguan mental. 

Jadi, tunggu apa lagi? Cintai diri sendiri mulai sekarang juga. Bagaimana caranya? Ini 5 langkah mencintai diri sendiri.

1. Meluangkan Waktu Untuk Me Time

Sesibuk apapun rutinitas Anda, cobalah meluangkan waktu untuk diri sendiri. Waktu khusus untuk melakukan hal-hal yang membuat kita bahagia. Misalnya, membaca buku, main game, melakukan perawatan diri di salon, mendengarkan musik, dan lainnya. 

Apapun kegiatan itu, yang terpenting mampu membuat Anda rileks dan merasa tenang. Lakukan hal tersebut setiap hari. Tidak perlu lama, cukup lakukan 1-2 jam setiap hari. Me time menjadi salah satu cara self love. Hal tersebut bermanfaat positif bagi kesehatan mental, pikiran, maupun fisik.

2. Menjauhi Orang Toxic Adalah Bentuk Mencintai Diri Sendiri

Keberadaan orang toxic memang sangat mengganggu mental. Kemampuan untuk menumbuhkan self love pun menjadi terbatas. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menghindari orang-orang toxic. 

Mengenali apakah orang itu toxic atau tidak dapat dilakukan dengan gampang. Misalnya, setelah mengobrol dengan orang tersebut, tanyakan pada diri Anda apakah Anda merasa senang atau malah tertekan? Jika merasa tertekan, maka termasuk toxic bagi Anda. Jadi Anda perlu menjauhinya.

Sebaliknya, Anda harus berkumpul dengan orang-orang yang positif.  Dimana Anda merasa bahagia dan tenang saat bersama dengan orang-orang tersebut. Tentunya hal tersebut menguntungkan pribadi Anda sendiri. 

Baca Juga:

3. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain

STOP! Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Percayalah bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga dengan diri Anda. Jika Anda merasa insecure di bidang tertentu, cobalah melihat dari sudut pandang lain. Anda pasti berharga di bidang yang berbeda. 

Media sosial adalah tempat dimana kita sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Saat melihat kehidupan orang lain yang sempurna dan bahagia, seringkali Anda merasa insecure. Oleh sebab itu, batasi penggunaan media sosial. Sehingga Anda terhindari dari rasa insecure.

4. Meluapkan Isi Hati Itu Termasuk Mencintai Diri Sendiri

Jangan memendam rasa sedih, marah, dan kecewa. Penting bagi Anda untuk melupakan segala emosi negatif. Dengan meluapkan isi hari, dipercaya dapat melepaskan emosi yang terpendam dari diri sendiri. 

Ada banyak cara meluapkan isi hati. Jika memiliki sahabat atau orang yang dipercaya, Anda dapat curhat kepada mereka. Namun, Anda juga bisa meluapkan isi hati dengan cara lain, seperti menulis buku harian, bicara dengan diri sendiri di depan cermin, dan lain-lain. Setelah meluapkan isi hati, pastinya Anda akan merasa lega. Menciptakan pikiran yang tenang adalah kunci mencintai diri sendiri. 

5. Menetapkan Batasan dan Bersikap Tegas

Selain meluapkan isi hati, menetapkan batasan juga dianggap penting. Ini dapat memprioritaskan kebutuhan Anda.  Menetapkan batasan yang dimaksud seperti berani mengatakan “tidak” pada hal-hal yang dianggap tidak bisa Anda lakukan. Jangan terlalu memaksakan diri sendiri hanya untuk menyenangkan perasaan orang lain. Tidak peduli pendapat orang, Anda harus menjadikan diri Anda sebagai prioritas utama. 

Ulasan tentang 5 langkah mencintai diri sendiri di atas dapat Anda terapkan sekarang juga. Ada banyak dampak positif saat Anda mampu mencintai diri sendiri dengan baik. Anda juga dapat mempelajari cara mencintai diri sendiri dalam ilmu psikologi. Tertarik? Kuliah psikologi di IIK Bhakta saja. Segera daftar sekarang juga.