Program Studi D3 Teknologi Laboratorium Medis | IIK Bhakti Wiyata

Pendaftaran Program Reguler, Jalur Reguler 1 Gelombang 1, D3 D4 S1 IIK Bhakta T.A. 2024 - 2025 Daftar Sekarang

Telah dibuka Program Kelas Karyawan (Kategori RPL, Progsus dan Alih Jenjang) TA 2024-2025Info Selengkapnya

D3 Teknologi Laboratorium Medis

Lulusan mampu melakukan pemeriksaan dan administrasi laboratorium sesuai standar dan kode etik analis kesehatan.

D3 Teknologi Laboratorium Medis

border
Tingkat : Diploma
SKS : 113
Durasi : 3 Tahun
Gelar : A.Md.Kes
akreditasi

Akreditasi LAM-PTKes

Baik Sekali |0409/LAM-PTKes/Akr/Dip /IX/2021

Sekilas Tentang Program Studi D3 Teknologi Laboratorium Medis

Informasi

Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis yang dulunya bernama D3 Analis Kesehatan menyediakan tenaga Analis Kesehatan yang profesional, siap pakai yang memiliki pengetahuan dan keterampilan. Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis menyediakan tenaga Analis Kesehatan yang profesional, siap pakai yang memiliki pengetahuan dan keterampilan, kepribadian yang mantap dan mandiri dalam menghadapi tantangan regional, nasional dan internasional.

Lulusan D3 Teknologi Laboratorium Medis dapat bekerja sama dengan tim kesehatan lainnya untuk melakukan pemeriksaan laboratorium dan mampu melakukan administrasi laboratorium sesuai dengan standar dan kode etik Analis Kesehatan.

Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis mempertahankan mutu pendidikan pada tahap yang tinggi, dengan bekerja sama dan menggunakan fasilitas serta sumber-sumber pendidikan dari universitas atau institusi akademik dan non akademik yang lain.

Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis melakukan profesinya sesuai dengan moral Pancasila, UUD 1945, dan etika laboratorium kesehatan serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilan tenaga pendidik dengan memberi kesempatan untuk pendidikan berkelanjutan baik secara formal maupun informal.

Spesialisasi Laboratorium yang tersedia Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis“IIK” Bhakti Wiyata Kediri

  1. Lab. Hematologi & Lab. Kimia Klinik
  2. Lab. Parasitologi & Lab. Mikologi
  3. Lab. Media & Lab. Bakteriologi
  4. Lab. Kimia Air, Makanan & Minuman
  5. Lab. Sistohistopatologi

Mengapa Belajar Program Studi ini di IIK BW ?

Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata merupakan Institut yang bergerak di bidang Kesehatan yang memiliki letak strategis dan mudah terjangkau serta memiliki tenaga pendidik dan fasilitas yang mendukung.

Pekerjaan Masa Depan

Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis mempunyai keunggulan sistem perkuliahan yang modern, penelitian, dan pengembangan ilmu kesehatan serta mempunyai dosen yang berpengalaman di bidang masing-masing, dengan tujuan lulusan Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis akan menjadi individu yang profesional dan siap bersaing.

Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis memiliki keunggulan di bidang IPTEK dengan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk kesejahteraan dan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis berpartisipasi dalam aktivitas kemahasiswaan di tingkat Fakultas sampai tingkat institusi melalui BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa).

Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang cakap dan giat belajar agar dapat menyelesaikan studi tepat pada waktunya, mempermudah penyesuaian kurikulum sesuai dengan perkembangan IPTEK, memberikan sistem evaluasi kemajuan belajar mahasiswa sehingga dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Email : d3tlm@iik.ac.id

DOSEN

Bimbingan yang tepat dengan dosen-dosen berkompeten, ramah, dan terbuka.

Budaya belajar dan mengajar di IIK Bhakta :

  • Para dosen terkenal ramah dan terbuka untuk berdiskusi
  • Dosen IIK Bhakta berupaya memecahkan masalah bersama saat pembelajaran berlangsung
  • Dosen dan mahasiswa saling aktif bertukar pendapat & menghargai pendapat
  • Mahasiswa ditantang untuk belajar secara independen, inkuisitif dan terus menumbuhkan percaya diri
  • Mahasiswa dipacu untuk aktif dalam pembelajaran dan kritis dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini

PRESTASI

Selain belajar bersama, dosen dan para mahasiswa di IIK Bhakta juga saling support dalam meraih prestasi bersama.

Prestasi Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis

Fatur Ramadhan Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis Raih Juara 3 Bidang Agribisnis (Kelompok) dalam Lomba Inovasi Teknologi Kota Kediri 2018 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Kediri 2018.

Prestasi Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis

Putri Nabilatus Sholikah Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis Berhasil Raih Juara 1 Bidang Energi-Lingkungan Hidup (Kelompok) dalam Acara Lomba Inovasi Teknologi Kota Kediri 2018 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Kediri.

Prestasi Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis

Dosen Prodi D3 & D4 Teknologi Laboratorim Medis serta mahasiswa D3 Analis Kesehatan berhasil meraih Juara 1 kategori oral presentation dan Juara 1 dalam kategori The Honorable Mention Award tanggal 22-23 Juli 2017 di Hotel Asia Solo.

Prestasi Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis

Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medik Juara 1 Lomba Poster Tingkat Nasional dalam Acara Journalistic Festival (J-Fest) 2015 Universitas Brawijaya Malang

Bhakta super app

BHAKTA
SUPER APPS

Akses Aktivitas Akademik Secara Online dimanapun Anda Berada

Mahasiswa IIK Bhakta mendapat kemudahan mengakses online learning dan fitur penunjang lainnya dalam aplikasi Bhakta Super Apps. Hal ini merupakan wujud nyata IIK Bhakta untuk mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap tercapai maksimal meskipun di tengah pandemi saat ini.

Adapun fitur-fitur terbaik yang ada di aplikasi adalah:

  • Online Learning dapat diakses dimana Saja
  • Kemudahan Akses Jadwal Kuliah
  • Informasi Deadline Pengumpulan Tugas Kuliah
  • Download Materi Kuliah Sepuasnya
  • Informasi Biaya Pendidikan & Beasiswa Tersaji Secara Jelas
  • Akses Pra KRS, KRS, KHS Lebih Mudah dan Akurat
  • Akses Nilai dan Transkrip Sementara Agar MahasiswaTermotivasi
  • Evaluasi Dosen untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan masih banyak fitur canggih lainnya di Aplikasi OASIS IIK Bhakti Wiyata

Jemput Peluang Menjadi
Tenaga Kesehatan Profesional Sekarang!

Kembangkan Dirimu Bersama IIK Bhakta

Fakultas Teknologi dan Manajemen Kesehatan

Gedung Graha IIK Bhakta
Lantai 1, 2, 3
(0354) 773535

Sambutan Ketua Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis

Binti Muarofah S.ST., S.Pd., M.Si , Kaprodi D3 Teknologi Laboratorium Medis IIK Bhakta

Selamat Datang di D3 Teknologi Laboratorium Medis

Assalamu ‘alaikum wr wb. Salam sejahtera bagi kita semua, Shalom, om swasiastu, namo budaya, salam kebajikan

Alhamdulillah, puji syukur atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan,

Kami ucapkan selamat datang kepada pengunjung website resmi Program Studi (Prodi) Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Teknologi dan Manajemen Kesehatan (D3TLM-FTMK). Kami berharap kehadiran website ini dapat membantu para pengunjung di dalam upaya mencari tahu lebih jauh mengenai Prodi D3TLM. Kami juga berharap apa yang disampaikan di website dapat memberikan informasi yang memberikan manfaat yang semaksimal mungkin.

Alhamdulillah, Prodi D3TLM memiliki visi Program Studi yang unggul dalam mutu pengelolaan Tridharma dibidang Teknologi Laboratorium Medis dengan keunggulan mikrobiologi berdasarkan budaya PLUS pada tahun 2025. Prodi D3TLM telah mencetak tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medis professional dibidang Laboratorium Medis. Alumni Prodi D3TLM memiliki karir sebagai Ahli Teknologi Laboratorium Medis professional di Rumah sakit Umum, Balai Besar laboratorium kesehatan, lembaga penelitian baik di lembaga pemerintah ataupun swasta.

Masih banyak hal lain yang belum kami sampaikan, dan berbagai hal tersebut dapat diperoleh dari dalam website ini. Berkenaan dengan hal itu, kami ucapkan selamat berkunjung!

Terima kasih,

Wassalamu ‘alaikum wr wb.

Kaprodi D3 Teknologi Laboratorium Medis

Binti Muarofah S.ST., S.Pd., M.Si

35 Tahun

lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan

132

Kerjasama Nasional & Internasional

60%

Kurikulum Praktek

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dalam mutu pengelolaan Tridharma dibidang Teknologi Laboratorium Medis dengan keunggulan mikrobiologi berdasarkan budaya PLUS pada tahun 2025.

Misi

  1. Menghasilkan lulusan tenaga profesional kesehatan di bidang ahli madya teknologi laboratorium medis dengan keunggulan mikrobiologi yang unggul dan dapat dipertanggungjawabkan melalui pendidikan akademik dan vokasi 
  2. Menghasilkan penelitian bermutu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang inovatif dibidang teknologi laboratorium medis dengan keunggulan mikrobiologi berbasis pada pemanfaatan sumber daya dan budaya nasional dalam  menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat bermutu berdasarkan keahlian dibidang teknologi laboratorium medis dengan keunggulan mikrobiologi untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat.
  4. Terwujudnya kelembagaan menuju manajemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya dan sejahtera dalam berkehidupan bersama).

Tujuan Program Studi D3 Teknologi Laboratorium Medis

  1. Menghasilkan ahli madya teknologi Laboratorium Medis yang profesional, kreatif, inovatif, kompeten, dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai tenaga profesional kesehatan di bidang laboratorium medis dengan keunggulan mikrobiologi yang  mampu bersaing baik di tingkat nasional mapunun internasional.
  2. Mengembangkan penelitian dasar, pengembangan, dan terapan  yang inovatif di bidang kesehatan berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional yang yang memberikan manfaat pada masyarakat terutama di bidang teknologi laboratorium medis dengan keunggulan mikrobiologi.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang laboratorium medis dengan keunggulan mikrobiologi dan teknologi  kesehatan yang bermanfaat melalui pemberdayaan masyarakat serta peningkatan kualitas hidup manusia.
  4. Mewujudkan manajemen kelembagaan modern berbasis sistem penjaminan mutu, manajemen sistem informasi terpadu dan budaya PLUS.

Kompetensi Beragam Tiap Semester

Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.

Kompetensi

D3 Teknologi Laboratorium Medis memiliki kompetensi yang unggul dan dapat diandalkan kemampuannya dalam melakukan berbagai pemeriksaan sampel di laboratorium serta mampu menganalisa hasil pemeriksaan laboratorium secara akurat, diantaranya :

  1. Mampu melaksanakan proses teknis operasional laboratorium (pra analitik, analitik, dan post analitik) dengan melakukan berbagai pemeriksaan dalam bidang: Kimia Klinik/Hematologi (Pemeriksaan darah, urin dan cairan tubuh), Serologi (Pemeriksaan serum darah), Parasitologi (Pemeriksaan feses), Mikologi (Pemeriksaan jamur), Bakteriologi (Pemeriksaan bakteri klinik dan bakteri makanan, minuman, Air), Amami (Pemeriksaan makanan, minuman, air secara kimia), Kimia Kuali dan kuanti (Pemeriksaan bahan toksikologi).
  2. Memiliki kompetensi dalam penguasaan ilmu bidang laboratorium kesehatan, komputerisasi, maupun manajemen laboratorium kesehatan.
  3. Membuat perencanaan proses, prosedur, serta pengambilan sampel di laboratorium kesehatan.
  4. Mampu memberikan penilaian/menganalisa dalam mendeteksi secara dini terhadap berbagai specime.
Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta
Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta
Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta

Pengembangan Kompetensi Mahasiswa dengan PBL dan PKL

Pembelajaran Praktek di lahan kerja merupakan bentuk implementasi mata kuliah Praktek Belajar Lapangan (PBL) yang memiliki bobot 2 SKS dengan ketentuan telah mengikuti semua mata kuliah sampai semester III dan lulus mata kuliah teori dan praktik. Kemudian diharapkan setelah melaksanakan PBL dapat membuat laporan yang selanjutnya diseminarkan di Institusi. Pelaksanaan PBL oleh mahasiswa D3 TLM dilaksanakan di Puskesmas kota Kediri.
Pembelajaran Praktek di lahan kerja merupakan bentuk implementasi mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang berbobot 10 SKS dan dilaksanakan pada semester VI, dengan ketentuan telah menempuh semua mata kuliah sampai semester VI dan lulus mata kuliah teori dan praktik. Kemudian diharapkan setelah melaksanakan PKL mahasiswa dapat membuat laporan yang selanjutnya di seminarkan di Institusi. Kegiatan PKL diselenggarakan untuk menerapkan konsep Link and Match antara lembaga pendidikan dengan dunia kerja, sehingga mahasiswa siap bekerja sesuai dengan keahliannya.

35 Tahun Lebih Berpengalaman dalam Mencetak Tenaga Ahli Kesehatan

IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.

Bidang Kerja Lulusan
D3 Teknologi Laboratorium Medis IIK Bhakta

Apotek
Apotek
Rumah Sakit
Rumah Sakit
Puskesmas
Puskesmas
Teknisi Laboratorium
Teknisi Laboratorium
Pengelola Laboratorium
Pengelola Laboratorium
Praktisi Laboratorium
Praktisi Laboratorium
Kepala Laboratorium
Kepala Laboratorium
PNS / Karyawan Swasta
PNS / Karyawan Swasta
Pengajar
Pengajar

Apa Kata Alumni tentang D3 Teknologi Laboratorium Medis IIK Bhakta?

Testimonial from Jayanti Retno Sari, graduate of  D3 Teknologi Laboratorium Medis IIK Bhakta

Saya bangga menjadi salah satu bagian dari Program Studi Ahli Teknologi Laboratorium Medik di perguruan tinggi IIK (Institut Ilmu Kesehatan) Bhakti Wiyata Kediri yang telah memberikan banyak wawasan baru dari ilmu yang klinis maupun non klinis dan sangat bermanfaat bagi kemajuan karir saya. Ditambah dengan sistem pengajar dosen yang berkualitas, pelayanan yang excellent, networking yang luas, ilmu yang diberikan terupdate, suasana belajar mengajar, fasilitas yang sangat mendukung dan nyaman. Wajar sekali banyak lulusan yang berkompeten dari program studi Ahli Teknologi Laboratorium Medik di IIK Bhakti Wiyata Kediri yang dapat peluang besar bekerja tersebar luas di Indonesia, terima kasih IIK Bhakti Wiyata kediri.

Jayanti Retno Sari
Tahun Lulus 2016
Sub Unit Laboratorium Patologi di Klinik Rumah Sakit Universitas Indonesia

Testimonial from Danti Wahyu Widyastuti, A.Md.AK, graduate of  D3 Teknologi Laboratorium Medis IIK Bhakta

IIK Bhakta merupakan kampus yang nyaman dan ramah lingkungan. Saya sangat enjoy belajar di sana. Dosen-dosennya juga sangat ramah. Tempatnya juga dekat dengan kost jadi cukup mudah hanya berjalan kaki sudah sampai kampus. Mudah mencari makanan dan minuman karena strategis dekat pasar juga, banyak kuliner di sepanjang jalan raya dan dengan harga yang murah dan terjangkau untuk anak kost. Intinya lingkungan sekitar turut mendukung untuk kuliah di IIK Bhakta.

Danti Wahyu Widyastuti, A.Md.AK
Tahun Lulus 2003
Koordinator Laboratorium di UPT Puskesmas Pagelaran KAB. Malang

Course Distribution


Semester


Code Courses SKS Required / Selection
Theory Practice Required Selection
HAP1301 Academic Religion 3 - -
HAP1302 Pancasila & Civics 3 - -
HAP1203 Indonesian Language 2 - -
HAP1204 English 2 - -
HAI1201 Fundamental Chemistry 1 1 -
HAI1203 Instrumentation 1 1 -
HAI1104 Medical Biology 1 - -
HAI1106 Physiological Anatomy 1 - -
HAK1201 Basic Microbiology 1 1 -
HAK1212 Phlebotomy 1 1 -
HAS1108P Applied Computer - 1 -
HBI1202 Media and Reagents 1 - -
HBP1101 Mandarin Language - - -
Jumlah 17 5 13 0

Fasilitas Laboratorium
D3 Teknologi Laboratorium Medis

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja. Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.

Lab Analising, Reporting & Filling
Lab AVA
Lab Bakteriologi
Lab CBT Center
Lab Hematologi
Lab Imunoserologi
Lab Kes Mas
Lab Kimi Amami
Lab Kimia Kualitatif
Lab Kimia Kuantitatif
Lab Koding, Indeksing, dan Assembling
Lab Media
Lab Parasitologi
Lab TPP
Lab Analising, Reporting & Filling
Lab AVA
Lab Bakteriologi
Lab CBT Center
Lab Hematologi
Lab Imunoserologi
Lab Kes Mas
Lab Kimi Amami
Lab Kimia Kualitatif
Lab Kimia Kuantitatif
Lab Koding, Indeksing, dan Assembling
Lab Media
Lab Parasitologi
Lab TPP
360 Campus Tour IIK Bhakta

Sekilas Tentang Program Studi D3 Teknologi Laboratorium Medis

Informasi

Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis yang dulunya bernama D3 Analis Kesehatan menyediakan tenaga Analis Kesehatan yang profesional, siap pakai yang memiliki pengetahuan dan keterampilan. Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis menyediakan tenaga Analis Kesehatan yang profesional, siap pakai yang memiliki pengetahuan dan keterampilan, kepribadian yang mantap dan mandiri dalam menghadapi tantangan regional, nasional dan internasional.

Lulusan D3 Teknologi Laboratorium Medis dapat bekerja sama dengan tim kesehatan lainnya untuk melakukan pemeriksaan laboratorium dan mampu melakukan administrasi laboratorium sesuai dengan standar dan kode etik Analis Kesehatan.

Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis mempertahankan mutu pendidikan pada tahap yang tinggi, dengan bekerja sama dan menggunakan fasilitas serta sumber-sumber pendidikan dari universitas atau institusi akademik dan non akademik yang lain.

Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis melakukan profesinya sesuai dengan moral Pancasila, UUD 1945, dan etika laboratorium kesehatan serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilan tenaga pendidik dengan memberi kesempatan untuk pendidikan berkelanjutan baik secara formal maupun informal.

Spesialisasi Laboratorium yang tersedia Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis“IIK” Bhakti Wiyata Kediri

  1. Lab. Hematologi & Lab. Kimia Klinik
  2. Lab. Parasitologi & Lab. Mikologi
  3. Lab. Media & Lab. Bakteriologi
  4. Lab. Kimia Air, Makanan & Minuman
  5. Lab. Sistohistopatologi

Mengapa Belajar Program Studi ini di IIK BW ?

Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata merupakan Institut yang bergerak di bidang Kesehatan yang memiliki letak strategis dan mudah terjangkau serta memiliki tenaga pendidik dan fasilitas yang mendukung.

Pekerjaan Masa Depan

Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis mempunyai keunggulan sistem perkuliahan yang modern, penelitian, dan pengembangan ilmu kesehatan serta mempunyai dosen yang berpengalaman di bidang masing-masing, dengan tujuan lulusan Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis akan menjadi individu yang profesional dan siap bersaing.

Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis memiliki keunggulan di bidang IPTEK dengan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk kesejahteraan dan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis berpartisipasi dalam aktivitas kemahasiswaan di tingkat Fakultas sampai tingkat institusi melalui BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa).

Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang cakap dan giat belajar agar dapat menyelesaikan studi tepat pada waktunya, mempermudah penyesuaian kurikulum sesuai dengan perkembangan IPTEK, memberikan sistem evaluasi kemajuan belajar mahasiswa sehingga dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Email : d3tlm@iik.ac.id



DOSEN

Bimbingan yang tepat dengan dosen-dosen berkompeten, ramah, dan terbuka.

Budaya belajar dan mengajar di IIK Bhakta :

  • Para dosen terkenal ramah dan terbuka untuk berdiskusi
  • Dosen IIK Bhakta berupaya memecahkan masalah bersama saat pembelajaran berlangsung
  • Dosen dan mahasiswa saling aktif bertukar pendapat & menghargai pendapat
  • Mahasiswa ditantang untuk belajar secara independen, inkuisitif dan terus menumbuhkan percaya diri
  • Mahasiswa dipacu untuk aktif dalam pembelajaran dan kritis dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini



PRESTASI

Selain belajar bersama, dosen dan para mahasiswa di IIK Bhakta juga saling support dalam meraih prestasi bersama.

Prestasi Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis

Fatur Ramadhan Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis Raih Juara 3 Bidang Agribisnis (Kelompok) dalam Lomba Inovasi Teknologi Kota Kediri 2018 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Kediri 2018.

Prestasi Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis

Putri Nabilatus Sholikah Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis Berhasil Raih Juara 1 Bidang Energi-Lingkungan Hidup (Kelompok) dalam Acara Lomba Inovasi Teknologi Kota Kediri 2018 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Kediri.

Prestasi Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis

Dosen Prodi D3 & D4 Teknologi Laboratorim Medis serta mahasiswa D3 Analis Kesehatan berhasil meraih Juara 1 kategori oral presentation dan Juara 1 dalam kategori The Honorable Mention Award tanggal 22-23 Juli 2017 di Hotel Asia Solo.

Prestasi Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis

Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medik Juara 1 Lomba Poster Tingkat Nasional dalam Acara Journalistic Festival (J-Fest) 2015 Universitas Brawijaya Malang



Bhakta super app

BHAKTA
SUPER APPS

Akses Aktivitas Akademik Secara Online dimanapun Anda Berada

Mahasiswa IIK Bhakta mendapat kemudahan mengakses online learning dan fitur penunjang lainnya dalam aplikasi Bhakta Super Apps. Hal ini merupakan wujud nyata IIK Bhakta untuk mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap tercapai maksimal meskipun di tengah pandemi saat ini.

Adapun fitur-fitur terbaik yang ada di aplikasi adalah:

  • Online Learning dapat diakses dimana Saja
  • Kemudahan Akses Jadwal Kuliah
  • Informasi Deadline Pengumpulan Tugas Kuliah
  • Download Materi Kuliah Sepuasnya
  • Informasi Biaya Pendidikan & Beasiswa Tersaji Secara Jelas
  • Akses Pra KRS, KRS, KHS Lebih Mudah dan Akurat
  • Akses Nilai dan Transkrip Sementara Agar MahasiswaTermotivasi
  • Evaluasi Dosen untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan masih banyak fitur canggih lainnya di Aplikasi OASIS IIK Bhakti Wiyata

Jemput Peluang Menjadi
Tenaga Kesehatan Profesional Sekarang!

Kembangkan Dirimu Bersama IIK Bhakta

Fakultas Teknologi dan Manajemen Kesehatan

Gedung Graha IIK Bhakta
Lantai 1, 2, 3
(0354) 773535

Sambutan Ketua Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis

Binti Muarofah S.ST., S.Pd., M.Si , Kaprodi D3 Teknologi Laboratorium Medis IIK Bhakta

Selamat Datang di D3 Teknologi Laboratorium Medis

Assalamu ‘alaikum wr wb. Salam sejahtera bagi kita semua, Shalom, om swasiastu, namo budaya, salam kebajikan

Alhamdulillah, puji syukur atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan,

Kami ucapkan selamat datang kepada pengunjung website resmi Program Studi (Prodi) Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Teknologi dan Manajemen Kesehatan (D3TLM-FTMK). Kami berharap kehadiran website ini dapat membantu para pengunjung di dalam upaya mencari tahu lebih jauh mengenai Prodi D3TLM. Kami juga berharap apa yang disampaikan di website dapat memberikan informasi yang memberikan manfaat yang semaksimal mungkin.

Alhamdulillah, Prodi D3TLM memiliki visi Program Studi yang unggul dalam mutu pengelolaan Tridharma dibidang Teknologi Laboratorium Medis dengan keunggulan mikrobiologi berdasarkan budaya PLUS pada tahun 2025. Prodi D3TLM telah mencetak tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medis professional dibidang Laboratorium Medis. Alumni Prodi D3TLM memiliki karir sebagai Ahli Teknologi Laboratorium Medis professional di Rumah sakit Umum, Balai Besar laboratorium kesehatan, lembaga penelitian baik di lembaga pemerintah ataupun swasta.

Masih banyak hal lain yang belum kami sampaikan, dan berbagai hal tersebut dapat diperoleh dari dalam website ini. Berkenaan dengan hal itu, kami ucapkan selamat berkunjung!

Terima kasih,

Wassalamu ‘alaikum wr wb.

Kaprodi D3 Teknologi Laboratorium Medis

Binti Muarofah S.ST., S.Pd., M.Si

35 Tahun

lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan

132

Kerjasama Nasional & Internasional

60%

Kurikulum Praktek

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dalam mutu pengelolaan Tridharma dibidang Teknologi Laboratorium Medis dengan keunggulan mikrobiologi berdasarkan budaya PLUS pada tahun 2025.

Misi

  1. Menghasilkan lulusan tenaga profesional kesehatan di bidang ahli madya teknologi laboratorium medis dengan keunggulan mikrobiologi yang unggul dan dapat dipertanggungjawabkan melalui pendidikan akademik dan vokasi 
  2. Menghasilkan penelitian bermutu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang inovatif dibidang teknologi laboratorium medis dengan keunggulan mikrobiologi berbasis pada pemanfaatan sumber daya dan budaya nasional dalam  menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat bermutu berdasarkan keahlian dibidang teknologi laboratorium medis dengan keunggulan mikrobiologi untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat.
  4. Terwujudnya kelembagaan menuju manajemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya dan sejahtera dalam berkehidupan bersama).

Tujuan Program Studi D3 Teknologi Laboratorium Medis

  1. Menghasilkan ahli madya teknologi Laboratorium Medis yang profesional, kreatif, inovatif, kompeten, dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai tenaga profesional kesehatan di bidang laboratorium medis dengan keunggulan mikrobiologi yang  mampu bersaing baik di tingkat nasional mapunun internasional.
  2. Mengembangkan penelitian dasar, pengembangan, dan terapan  yang inovatif di bidang kesehatan berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional yang yang memberikan manfaat pada masyarakat terutama di bidang teknologi laboratorium medis dengan keunggulan mikrobiologi.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang laboratorium medis dengan keunggulan mikrobiologi dan teknologi  kesehatan yang bermanfaat melalui pemberdayaan masyarakat serta peningkatan kualitas hidup manusia.
  4. Mewujudkan manajemen kelembagaan modern berbasis sistem penjaminan mutu, manajemen sistem informasi terpadu dan budaya PLUS.

Kompetensi Beragam Tiap Semester

Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.

Kompetensi

D3 Teknologi Laboratorium Medis memiliki kompetensi yang unggul dan dapat diandalkan kemampuannya dalam melakukan berbagai pemeriksaan sampel di laboratorium serta mampu menganalisa hasil pemeriksaan laboratorium secara akurat, diantaranya :

  1. Mampu melaksanakan proses teknis operasional laboratorium (pra analitik, analitik, dan post analitik) dengan melakukan berbagai pemeriksaan dalam bidang: Kimia Klinik/Hematologi (Pemeriksaan darah, urin dan cairan tubuh), Serologi (Pemeriksaan serum darah), Parasitologi (Pemeriksaan feses), Mikologi (Pemeriksaan jamur), Bakteriologi (Pemeriksaan bakteri klinik dan bakteri makanan, minuman, Air), Amami (Pemeriksaan makanan, minuman, air secara kimia), Kimia Kuali dan kuanti (Pemeriksaan bahan toksikologi).
  2. Memiliki kompetensi dalam penguasaan ilmu bidang laboratorium kesehatan, komputerisasi, maupun manajemen laboratorium kesehatan.
  3. Membuat perencanaan proses, prosedur, serta pengambilan sampel di laboratorium kesehatan.
  4. Mampu memberikan penilaian/menganalisa dalam mendeteksi secara dini terhadap berbagai specime.
Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta
Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta
Kegiatan PBL dan PKL Mahasiswa IIK Bhakta

Pengembangan Kompetensi Mahasiswa dengan PBL dan PKL

Pembelajaran Praktek di lahan kerja merupakan bentuk implementasi mata kuliah Praktek Belajar Lapangan (PBL) yang memiliki bobot 2 SKS dengan ketentuan telah mengikuti semua mata kuliah sampai semester III dan lulus mata kuliah teori dan praktik. Kemudian diharapkan setelah melaksanakan PBL dapat membuat laporan yang selanjutnya diseminarkan di Institusi. Pelaksanaan PBL oleh mahasiswa D3 TLM dilaksanakan di Puskesmas kota Kediri.
Pembelajaran Praktek di lahan kerja merupakan bentuk implementasi mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang berbobot 10 SKS dan dilaksanakan pada semester VI, dengan ketentuan telah menempuh semua mata kuliah sampai semester VI dan lulus mata kuliah teori dan praktik. Kemudian diharapkan setelah melaksanakan PKL mahasiswa dapat membuat laporan yang selanjutnya di seminarkan di Institusi. Kegiatan PKL diselenggarakan untuk menerapkan konsep Link and Match antara lembaga pendidikan dengan dunia kerja, sehingga mahasiswa siap bekerja sesuai dengan keahliannya.

35 Tahun Lebih Berpengalaman dalam Mencetak Tenaga Ahli Kesehatan

IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.

Bidang Kerja Lulusan
D3 Teknologi Laboratorium Medis IIK Bhakta

Apotek
Apotek
Rumah Sakit
Rumah Sakit
Puskesmas
Puskesmas
Teknisi Laboratorium
Teknisi Laboratorium
Pengelola Laboratorium
Pengelola Laboratorium
Praktisi Laboratorium
Praktisi Laboratorium
Kepala Laboratorium
Kepala Laboratorium
PNS / Karyawan Swasta
PNS / Karyawan Swasta
Pengajar
Pengajar

Apa Kata Alumni tentang D3 Teknologi Laboratorium Medis IIK Bhakta?

Testimonial from Jayanti Retno Sari, graduate of  D3 Teknologi Laboratorium Medis IIK Bhakta

Saya bangga menjadi salah satu bagian dari Program Studi Ahli Teknologi Laboratorium Medik di perguruan tinggi IIK (Institut Ilmu Kesehatan) Bhakti Wiyata Kediri yang telah memberikan banyak wawasan baru dari ilmu yang klinis maupun non klinis dan sangat bermanfaat bagi kemajuan karir saya. Ditambah dengan sistem pengajar dosen yang berkualitas, pelayanan yang excellent, networking yang luas, ilmu yang diberikan terupdate, suasana belajar mengajar, fasilitas yang sangat mendukung dan nyaman. Wajar sekali banyak lulusan yang berkompeten dari program studi Ahli Teknologi Laboratorium Medik di IIK Bhakti Wiyata Kediri yang dapat peluang besar bekerja tersebar luas di Indonesia, terima kasih IIK Bhakti Wiyata kediri.

Jayanti Retno Sari
Tahun Lulus 2016
Sub Unit Laboratorium Patologi di Klinik Rumah Sakit Universitas Indonesia

Testimonial from Danti Wahyu Widyastuti, A.Md.AK, graduate of  D3 Teknologi Laboratorium Medis IIK Bhakta

IIK Bhakta merupakan kampus yang nyaman dan ramah lingkungan. Saya sangat enjoy belajar di sana. Dosen-dosennya juga sangat ramah. Tempatnya juga dekat dengan kost jadi cukup mudah hanya berjalan kaki sudah sampai kampus. Mudah mencari makanan dan minuman karena strategis dekat pasar juga, banyak kuliner di sepanjang jalan raya dan dengan harga yang murah dan terjangkau untuk anak kost. Intinya lingkungan sekitar turut mendukung untuk kuliah di IIK Bhakta.

Danti Wahyu Widyastuti, A.Md.AK
Tahun Lulus 2003
Koordinator Laboratorium di UPT Puskesmas Pagelaran KAB. Malang

Course Distribution


Semester


Code Courses SKS Required / Selection
Theory Practice Required Selection
HAP1301 Academic Religion 3 - -
HAP1302 Pancasila & Civics 3 - -
HAP1203 Indonesian Language 2 - -
HAP1204 English 2 - -
HAI1201 Fundamental Chemistry 1 1 -
HAI1203 Instrumentation 1 1 -
HAI1104 Medical Biology 1 - -
HAI1106 Physiological Anatomy 1 - -
HAK1201 Basic Microbiology 1 1 -
HAK1212 Phlebotomy 1 1 -
HAS1108P Applied Computer - 1 -
HBI1202 Media and Reagents 1 - -
HBP1101 Mandarin Language - - -
Jumlah 17 5 13 0

Fasilitas Laboratorium
D3 Teknologi Laboratorium Medis

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja. Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.

Lab Analising, Reporting & Filling
Lab AVA
Lab Bakteriologi
Lab CBT Center
Lab Hematologi
Lab Imunoserologi
Lab Kes Mas
Lab Kimi Amami
Lab Kimia Kualitatif
Lab Kimia Kuantitatif
Lab Koding, Indeksing, dan Assembling
Lab Media
Lab Parasitologi
Lab TPP
Lab Analising, Reporting & Filling
Lab AVA
Lab Bakteriologi
Lab CBT Center
Lab Hematologi
Lab Imunoserologi
Lab Kes Mas
Lab Kimi Amami
Lab Kimia Kualitatif
Lab Kimia Kuantitatif
Lab Koding, Indeksing, dan Assembling
Lab Media
Lab Parasitologi
Lab TPP
360 Campus Tour IIK Bhakta