Program Studi S1 Kesehatan | IIK Bhakti Wiyata

Pendaftaran Program Reguler, Jalur Reguler 1 Gelombang 1, D3 D4 S1 IIK Bhakta T.A. 2024 - 2025 Daftar Sekarang

Telah dibuka Program Kelas Karyawan (Kategori RPL, Progsus dan Alih Jenjang) TA 2024-2025Info Selengkapnya

S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesmas IIK Bhakta dipersiapkan menjadi tenaga kesehatan yang mampu melakukan identifikasi masalah kesehatan masyarakat serta memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan sanitasi lingkungan dan program kesehatan lainnya.

S1 Kesehatan Masyarakat

border
Tingkat : Strata 1
SKS : 148
Durasi : 4 Tahun
Gelar : SKM (Sarjana Kesehatan Masyarakat)
akreditasi

Akreditasi LAM-PTKes

Baik Sekali | 0493/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2021

Sekilas Tentang Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

Informasi

Kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni untuk mencegah penyakit, memperpanjang hidup dan meningkatkan kesehatan melalui usaha pengorganisasian masyarakat, untuk perbaikan sanitasi lingkungan, pemberantasan penyakit menular, pendidikan kesehatan, pengorganisasian layanan medis dan pengembangan rekayasa sosial.

Mengapa Belajar Program Studi ini di IIK Bhakta?

IIK Bhakti Wiyata merupakan salah satu perguruan tinggi di bidang kesehatan yang unggul, kompetitif, berwawasan kebangsaan, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta memberikan manfaat kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. dimana proses belajar mengajar menggunakan peralatan modern, memiliki laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan mutakhir sesuai kompetensi.

Pekerjaan Masa Depan

Lulusan S-1 kesehatan masyarakat memiliki peluang luas dalam dunia kerja, antara lain :

  1. Rumah Sakit / Puskesmas
  2. Surveyor
  3. Promotor kesehatan
  4. Balai pengobatan dan Klinik
  5. Instansi Pemerintah
  6. Karyawan swasta
  7. Laboratorium
  8. HSE staff & HSE manager
  9. Pembina K3
  10. Perencana program kesehatan
  11. Epidemiolog
  12. Peneliti kesehatan
  13. Enterpreneur
  14. Manajer layanan kesehatan primer
  15. Pemberdaya masyarakat
  16. Konsultan bidang kesehatan masyarakat

Email : s1kesmas@iik.ac.id

DOSEN

Bimbingan yang tepat dengan dosen-dosen berkompeten, ramah, dan terbuka.

Budaya belajar dan mengajar di IIK Bhakta :

  • Para dosen terkenal ramah dan terbuka untuk berdiskusi
  • Dosen IIK Bhakta berupaya memecahkan masalah bersama saat pembelajaran berlangsung
  • Dosen dan mahasiswa saling aktif bertukar pendapat & menghargai pendapat
  • Mahasiswa ditantang untuk belajar secara independen, inkuisitif dan terus menumbuhkan percaya diri
  • Mahasiswa dipacu untuk aktif dalam pembelajaran dan kritis dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini

PRESTASI

Selain belajar bersama, dosen dan para mahasiswa di IIK Bhakta juga saling support dalam meraih prestasi bersama.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Perwakilan S1 Kesehatan Masyarakat, Medina dan Afnida berhasil raih Juara 2 Nasional dalam festival Tari Pecut Samandiman 2023 yang digelar oleh Pemerintah Kota Kediri.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Keperawatan, Nova Dwi Romadini berhasil raih juara 1 dalam kategori lomba poster pada acara Dies Natalis Bisnis Digital 2.0 Juni 2023

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, Meike Nur Cahyani berhasil raih "Medali Emas Predikat A+" dalam Olimpiade Sains HARDIKNAS (OSH) Bidang Bahasa Indonesia 2023 di Yogyakarta.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, Anita Octasari berhasil raih "Medali Emas" dalam rangka Indonesian Olympiad of Science (IOS) 2023 Bidang Ekonomi Tingkat Nasional diselenggarakan oleh Pusat Kejuaraan SAINS Nasional.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, Anita Octasari berhasil raih "Medali Emas" dalam rangka Indonesian Olympiad of Science (IOS) 2023 Bidang Biologi Tingkat Nasional diselenggarakan oleh Pusat Kejuaraan SAINS Nasional.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, Meike Nur Cahyani berhasil raih "Medali Emas Predikat A+" dalam Olimpiade SAINS dan Kesehatan Hari Pendidikan Nasional (OSPENAS) 2023 di Yogyakarta.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat yakni Berliana Dwistira Septy Raih Medali Emas di Ajang Olimpiade Sains Nasional Puskanas 2023

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, Jehian Apta Jovani berhasil raih Juara 2 Lomba Vokal Grup dan Best Performance yang diadakan oleh PORNIKES JAWA TIMUR 2023

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat berhasil meraih Juara 3 Lomba kategori Penyuluhan HIV/AIDS Nasional dalam rangka Hari Kesehatan Nasional dan AIDS Sedunia 2022 di Universitas Respati Indonesia, Yogyakarta (2022).

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, Alfira Maudy Sukmaning Putri raih juara 2 Pencak Silat Kategori Putri dalam ajang Pencak Silat UNP CUP di Universitas PGRI Kediri.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kedokteran Gigi, Moh Ainur Roziqiin berhasil menjadi 3rd Runner Up Putra Pariwisata 2022, Duta Agrowisata dan Duta Kesehatan Nasional 2022.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, Meike Nur Cahyani berhasil raih Juara Favorit dalam Ajang Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) 2022.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat berhasil raih medali perunggu cabang olah raga (Cabor) Pencak Silat kategori putri kelas D dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) Jawa Timur 2022.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat meraih Juara Harapan 1 di Ajang Kompetisi Nasional 6th UTU Awards pada tanggal 05 November 2020 di Universitas Teuku Umar

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Ananda Muchammad Syaiful Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat terpilih sebagai volunteer “Ekspedisi Lombok 2019” mulai tanggal 23-30 Maret 2019.

Bhakta super app

BHAKTA
SUPER APPS

Akses Aktivitas Akademik Secara Online dimanapun Anda Berada

Mahasiswa IIK Bhakta mendapat kemudahan mengakses online learning dan fitur penunjang lainnya dalam aplikasi Bhakta Super Apps. Hal ini merupakan wujud nyata IIK Bhakta untuk mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap tercapai maksimal meskipun di tengah pandemi saat ini.

Adapun fitur-fitur terbaik yang ada di aplikasi adalah:

  • Online Learning dapat diakses dimana Saja
  • Kemudahan Akses Jadwal Kuliah
  • Informasi Deadline Pengumpulan Tugas Kuliah
  • Download Materi Kuliah Sepuasnya
  • Informasi Biaya Pendidikan & Beasiswa Tersaji Secara Jelas
  • Akses Pra KRS, KRS, KHS Lebih Mudah dan Akurat
  • Akses Nilai dan Transkrip Sementara Agar MahasiswaTermotivasi
  • Evaluasi Dosen untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan masih banyak fitur canggih lainnya di Aplikasi OASIS IIK Bhakti Wiyata

Jemput Peluang Menjadi
Tenaga Kesehatan Profesional Sekarang!

Kembangkan Dirimu Bersama IIK Bhakta

Fakultas Teknologi dan Manajemen Kesehatan

Gedung Graha IIK Bhakta
Lantai 1, 2, 3
(0354) 773535

Sambutan Ketua Prodi S1 Kesehatan Masyarakat

Endah Retnani Wismaningsih., S.KM., M.Kes. , Kaprodi S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta

Selamat Datang di S1 Kesehatan Masyarakat

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat merupakan program studi akademik jenjang sarjana yang berada di bawah naungan Fakultas Teknologi dan Manajemen Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (IIK Bhakta) Kediri yang berdiri sejak 27 September 2005. Prodi S1 Kesehatan Masyarakat telah terakreditasi Baik Sekali berdasarkan SK. LAM-PTKes No. 0493/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2021.

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat berorientasi sarjana kesehatan masyarakat yang siap bekerja pada layanan kesehatan masyarakat primer sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6 dengan kompetensi lulusan pendidikan sarjana kesehatan masyarakat yang ditetapkan oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI). Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat membekali mahasiswa dengan kemampuan hardskill dan softskill yang menunjang mahasiswa di dunia kerja terutama melalui pengalaman melalui Praktik Belajar Lapangan, Praktek Kerja Lapangan serta pengalaman dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Lulusan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta saat ini telah bekerja di berbagai instansi baik di layanan kesehatan primer, rumah sakit, maupun industri. Lulusan S1 Kesehatan Masyarakat Bhakta mendapatkan pekerjaan relatif cepat dan memiliki masa tunggu relatif singkat. Hal ini menunjukkan bahwa lulusan memiliki daya saing yang tinggi di pasar kerja. Dengan demikian diharapkan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat terus memberikan kontribusi dalam menghasilkan lulusan yang kompeten yang memiliki budaya PLUS (Prima dalam layanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya, Sejahtera dalam kebersamaan).

Kaprodi S1 Kesehatan Masyarakat

Endah Retnani Wismaningsih., S.KM., M.Kes.

Jumlah Statistik
statistik prodi S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta

35 Tahun

lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan

132

Kerjasama Nasional & Internasional

60%

Kurikulum Praktek

Visi

Menjadi Program Studi Kesehatan Masyarakat yang unggul dalam mutu pengelolaan tridharma di bidang Kesehatan Masyarakat Daerah Aliran Sungai (DAS) berlandaskan budaya PLUS pada tahun 2025.

Misi

Misi Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, yaitu :

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik kesehatan masyarakat bermutu untuk menghasilkan tenaga kesehatan masyarakat yang unggul di bidang kesehatan masyarakat daerah aliran sungai.
  2. Menyelenggarakan penelitian bermutu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan inovatif di bidang kesehatan masyarakat berbasis pada pemanfaatan sumber daya dan budaya nasional untuk menunjang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bermutu berdasarkan keahlian di bidang kesehatan masyarakat untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat .
  4. Melaksanakan manajemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya, dan Sejahtera dalam berkehidupan bersama)

Tujuan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

Berdasarkan visi dan misi yang diemban dan untuk mencapai visi dan misi ini, maka tujuan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat adalah:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana kesehatan masyarakat yang profesional, kreatif, inovatif, kompeten, dan dapat dipertanggungjawabkan  sebagai  tenaga  profesional  kesehatan  dan  ilmuan yang mampu bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menghasilkan penelitian dasar, pengembangan, dan terapan yang inovatif di bidang kesehatan masyarakat daerah aliran sungai berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional yang mendapatkan paten dan/atau publikasi bertaraf nasional maupun internasional.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan masyarakat daerah aliran sungai  yang bermanfaat melalui pemberdayaan masyarakat serta peningkatan kualitas hidup manusia.
  4. Mewujudkan manajemen kelembagaan modern berbasis sistem penjaminan mutu, manajemen sistem informasi terpadu dan budaya PLUS. (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya, dan Sejahtera dalam berkehidupan bersama).

Kompetensi Beragam Tiap Semester

Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.

Kompetensi

Dalam Naskah Akademik Pendidikan Kesehatan Masyarakat, telah ditetapkan delapan kompetensi utama yang menjadi kompetensi dasar bagi semua lulusan tenaga kesehatan masyarakat, yakni:

  1. Mampu untuk melakukan kajian dan analisa (Analysis and Assessment).
  2. Mampu untuk mengembangkan kebijakan dan perencanaan program kesehatan (Policy development and program planning).
  3. Mampu untuk melakukan komunikasi (Communication skill).
  4. Mampu untuk memahami budaya lokal (Cultural competency/lokal wisdom).
  5. Mampu untuk melakukan pemberdayaan masyarakat (Community dimensions of practice).
  6. Memahami dasar-dasar ilmu kesehatan masyarakat (Basic public health sciences).
  7. Mampu untuk merencanakan dan mengelola sumber dana (Financial planning and management).
  8. Mampu untuk memimpin dan berpikir sistem (Leadership and sistems thinking/total sistem).

Kompetensi Pendukung lulusan program studi S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakti Wiyata Kediri meliputi:

  1. Menguasai dan melakukan pengembangan teknologi informasi kesehatan.
  2. Mampu mengembangkan diri dan bekerja sama dalam tim kerja yang dapat berguna bagi masyarakat luas.
  3. Mampu menganalisis permasalahan kesehatan dalam rangka melaksanakan penelitian kesehatan dan pengabdian masyarakat guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kompetensi lainnya dari lulusan program studi S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakti Wiyata Kediri adalah :

  1. Menguasai bahasa asing.
  2. Mampu melakukan analisis masalah kesehatan dan penyelesaiannya dengan berbasis lingkungan fisik dan non fisik dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

35 Tahun Lebih Berpengalaman dalam Mencetak Tenaga Ahli Kesehatan

IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.

Bidang Kerja Lulusan
S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta

Balai Pengobatan & Klinik
Balai Pengobatan & Klinik
Rumah Sakit
Rumah Sakit
Puskesmas
Puskesmas
Promotor kesehatan
Promotor kesehatan
Pembina K3
Pembina K3
Laboratorium
Laboratorium
Surveyor
Surveyor
HSE staff & HSE manager
HSE staff & HSE manager
PNS / Karyawan Swasta
PNS / Karyawan Swasta
Perencana program kesehatan
Perencana program kesehatan
Epidemiolog
Epidemiolog
Peneliti kesehatan
Peneliti kesehatan
Enterpreneur
Enterpreneur
Manajer layanan kesehatan primer
Manajer layanan kesehatan primer
Pemberdaya masyarakat
Pemberdaya masyarakat
Konsultan bidang kesehatan masyarakat
Konsultan bidang kesehatan masyarakat

Apa Kata Alumni tentang S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta?

Testimonial from Wildan Arpandu, S.K.M, graduate of  S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta

Selama saya menempuh pendidikan di IIK, kampus ini memberikan pembelajaran yang sangat menyenangkan, mulai dari fasilitas kampus yang memadai dan menunjang perkuliahan serta Dosen pengajar yang berkompeten di bidangnya. Metode pembelajaran yang diberikan juga bervariasi sehingga para mahasiswa tidak bosan selama menempuh pendidikan. Materi perkuliahan juga sesuai dengan kondisi yang ada dilingkungan kerja, sehingga para mahasiswa yang lulus sudah dapat dipastikan siap untuk terjun di dunia kerja sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Wildan Arpandu, S.K.M
Tahun Lulus 2015
Penanggung Jawab Program Promosi Kesehatan di UPTD Puskesmas Long Loreh, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara

Testimonial from Ni Putu Priyanka Ayu Ratnanggana, S.KM, graduate of  S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta

Selama kuliah kesehatan masyarakat di IIK Bhakta banyak hal yang bisa saya pelajari di bidang minat yang lain, terutama di bidang minat saya yaitu Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK) dapat belajar sistem manajemen, regulasi kesehatan, administrasi, dll. Jadi seru gitu kalo belajar tentang AKK karena saya memang niat bekerja di bagian administrasi di RS dan sekarang bisa tercapai untuk kerja di RS di bagian rekam medis, dan bertugas di bagian administrasi klaim BPJS Kesehatan. Pelajaran yang di dapat saat kuliah dulu, saya aplikasikan di tempat kerja dan benar-benar membantu terutama di bidang administrasi rumah sakit. Dosen-dosen saat mengajar juga asyik-asyik, jadi suasana belajar di kelas/online tidak terlalu tegang sekali, jadi materi yang dikasi pun bisa kita pahami. Intinya belajar kesehatan masyarakat itu seru banget deh!

Ni Putu Priyanka Ayu Ratnanggana, S.KM
Tahun Lulus 2023
Administrator Kesehatan di Unit Rekam Medis di RSU Grha Bhakti Medika, Bali

Testimonial from Fransiskus A.C.Waku Moan, S.KM.,M.KKK., graduate of  S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta

Selama saya berkuliah di IIK Bhakta dan mengambil peminatan K3, saya merasa sangat nyaman dan bangga menuntut ilmu di kampus ini. Hal tersebut dikarenakan adanya dukungan dan bimbingan para dosen serta lingkungan akademik kampus yang sangat mendukung perkembangan hardskill maupun soft skill. Serta bidang keilmuan prodi kesehatan masyarakat juga sangat beragam sehingga lulusan kesehatan masyarakat pun mempunyai kesempatan kerja yang luas karena bisa berkarir tidak hanya di sektor kesehatan tetapi juga di berbagai jenis sektor sektor industri lainnya.

Fransiskus A.C.Waku Moan, S.KM.,M.KKK.
Tahun Lulus 2008
EHS Supervisor di PT.Excellen SILO Leaching Jakarta

Testimoni Reni Nugraheni, lulusan S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta

Menurut saya IIK Bhakti Wiyata Kediri adalah Institut Ilmu Kesehatan di Indonesia yang saya yakini sebagai salah satu tempat pendidikan yang terbaik di bidang kesehatan khususnya di wilayah Kediri. Saya adalah mahasiswa pindahan dari prodi kebidanan, karena alasan itulah saya memilih untuk melanjutkan kuliah di IIK Bhakti Wiyata Kediri dan mengambil jurusan S1 Kesehatan Masyarakat. Bagi saya, S1 Kesehatan Masyarakat adalah jurusan/prodi termuda di bidang kesehatan. Meskipun S1 Kesehatan Masyarakat adalah jurusan yang masih belum terkenal d bidang kesehatan tetapi berkat dukungan dosen pengajar dan fasilitas yang lengkap saya yakin dapat meraih masa depan dan impian saya.

Reni Nugraheni

Testimoni Ruli Asharil, lulusan S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta

IIK Bhakti Wiyata Kediri adalah perguruan tinggi yang memiliki prodi S1 Kesehatan Masyarakat unggul dibanding perguruan tinggi lain di Kediri. IIK Bhakta memiliki fasilitas laboratorium yang lengkap sehingga mahasiswanya bisa mengembangkan ilmu yang sudah diperoleh dengan fasilitas tersebut. Saya merasa bangga menjadi mahasiswa IIK Bhakta dan yakin saya akan mampu menjadi tenaga kesehatan yang berkualitas dan bermanfaat bagi semua orang dengan tetap menjunjung tinggi kejujuran, keadilan dan rasa tanggung jawab penuh sebagai tenaga kesehatan.

Ruli Asharil

Course Distribution


Semester


distribusi mata kuliah

Fasilitas Laboratorium
S1 Kesehatan Masyarakat

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja. Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.

Lab Analising, Reporting & Filling
Lab AVA
Lab Bakteriologi
Lab CBT Center
Lab Hematologi
Lab Imunoserologi
Lab Kes Mas
Lab Kimi Amami
Lab Kimia Kualitatif
Lab Kimia Kuantitatif
Lab Koding, Indeksing, dan Assembling
Lab Media
Lab Parasitologi
Lab TPP
Lab Analising, Reporting & Filling
Lab AVA
Lab Bakteriologi
Lab CBT Center
Lab Hematologi
Lab Imunoserologi
Lab Kes Mas
Lab Kimi Amami
Lab Kimia Kualitatif
Lab Kimia Kuantitatif
Lab Koding, Indeksing, dan Assembling
Lab Media
Lab Parasitologi
Lab TPP
360 Campus Tour IIK Bhakta

Sekilas Tentang Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

Informasi

Kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni untuk mencegah penyakit, memperpanjang hidup dan meningkatkan kesehatan melalui usaha pengorganisasian masyarakat, untuk perbaikan sanitasi lingkungan, pemberantasan penyakit menular, pendidikan kesehatan, pengorganisasian layanan medis dan pengembangan rekayasa sosial.

Mengapa Belajar Program Studi ini di IIK Bhakta?

IIK Bhakti Wiyata merupakan salah satu perguruan tinggi di bidang kesehatan yang unggul, kompetitif, berwawasan kebangsaan, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta memberikan manfaat kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. dimana proses belajar mengajar menggunakan peralatan modern, memiliki laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan mutakhir sesuai kompetensi.

Pekerjaan Masa Depan

Lulusan S-1 kesehatan masyarakat memiliki peluang luas dalam dunia kerja, antara lain :

  1. Rumah Sakit / Puskesmas
  2. Surveyor
  3. Promotor kesehatan
  4. Balai pengobatan dan Klinik
  5. Instansi Pemerintah
  6. Karyawan swasta
  7. Laboratorium
  8. HSE staff & HSE manager
  9. Pembina K3
  10. Perencana program kesehatan
  11. Epidemiolog
  12. Peneliti kesehatan
  13. Enterpreneur
  14. Manajer layanan kesehatan primer
  15. Pemberdaya masyarakat
  16. Konsultan bidang kesehatan masyarakat

Email : s1kesmas@iik.ac.id



DOSEN

Bimbingan yang tepat dengan dosen-dosen berkompeten, ramah, dan terbuka.

Budaya belajar dan mengajar di IIK Bhakta :

  • Para dosen terkenal ramah dan terbuka untuk berdiskusi
  • Dosen IIK Bhakta berupaya memecahkan masalah bersama saat pembelajaran berlangsung
  • Dosen dan mahasiswa saling aktif bertukar pendapat & menghargai pendapat
  • Mahasiswa ditantang untuk belajar secara independen, inkuisitif dan terus menumbuhkan percaya diri
  • Mahasiswa dipacu untuk aktif dalam pembelajaran dan kritis dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini



PRESTASI

Selain belajar bersama, dosen dan para mahasiswa di IIK Bhakta juga saling support dalam meraih prestasi bersama.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Perwakilan S1 Kesehatan Masyarakat, Medina dan Afnida berhasil raih Juara 2 Nasional dalam festival Tari Pecut Samandiman 2023 yang digelar oleh Pemerintah Kota Kediri.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Keperawatan, Nova Dwi Romadini berhasil raih juara 1 dalam kategori lomba poster pada acara Dies Natalis Bisnis Digital 2.0 Juni 2023

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, Meike Nur Cahyani berhasil raih "Medali Emas Predikat A+" dalam Olimpiade Sains HARDIKNAS (OSH) Bidang Bahasa Indonesia 2023 di Yogyakarta.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, Anita Octasari berhasil raih "Medali Emas" dalam rangka Indonesian Olympiad of Science (IOS) 2023 Bidang Ekonomi Tingkat Nasional diselenggarakan oleh Pusat Kejuaraan SAINS Nasional.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, Anita Octasari berhasil raih "Medali Emas" dalam rangka Indonesian Olympiad of Science (IOS) 2023 Bidang Biologi Tingkat Nasional diselenggarakan oleh Pusat Kejuaraan SAINS Nasional.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, Meike Nur Cahyani berhasil raih "Medali Emas Predikat A+" dalam Olimpiade SAINS dan Kesehatan Hari Pendidikan Nasional (OSPENAS) 2023 di Yogyakarta.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat yakni Berliana Dwistira Septy Raih Medali Emas di Ajang Olimpiade Sains Nasional Puskanas 2023

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, Jehian Apta Jovani berhasil raih Juara 2 Lomba Vokal Grup dan Best Performance yang diadakan oleh PORNIKES JAWA TIMUR 2023

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat berhasil meraih Juara 3 Lomba kategori Penyuluhan HIV/AIDS Nasional dalam rangka Hari Kesehatan Nasional dan AIDS Sedunia 2022 di Universitas Respati Indonesia, Yogyakarta (2022).

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, Alfira Maudy Sukmaning Putri raih juara 2 Pencak Silat Kategori Putri dalam ajang Pencak Silat UNP CUP di Universitas PGRI Kediri.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kedokteran Gigi, Moh Ainur Roziqiin berhasil menjadi 3rd Runner Up Putra Pariwisata 2022, Duta Agrowisata dan Duta Kesehatan Nasional 2022.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, Meike Nur Cahyani berhasil raih Juara Favorit dalam Ajang Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) 2022.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat berhasil raih medali perunggu cabang olah raga (Cabor) Pencak Silat kategori putri kelas D dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) Jawa Timur 2022.

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat meraih Juara Harapan 1 di Ajang Kompetisi Nasional 6th UTU Awards pada tanggal 05 November 2020 di Universitas Teuku Umar

Prestasi Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat

Ananda Muchammad Syaiful Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat terpilih sebagai volunteer “Ekspedisi Lombok 2019” mulai tanggal 23-30 Maret 2019.



Bhakta super app

BHAKTA
SUPER APPS

Akses Aktivitas Akademik Secara Online dimanapun Anda Berada

Mahasiswa IIK Bhakta mendapat kemudahan mengakses online learning dan fitur penunjang lainnya dalam aplikasi Bhakta Super Apps. Hal ini merupakan wujud nyata IIK Bhakta untuk mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap tercapai maksimal meskipun di tengah pandemi saat ini.

Adapun fitur-fitur terbaik yang ada di aplikasi adalah:

  • Online Learning dapat diakses dimana Saja
  • Kemudahan Akses Jadwal Kuliah
  • Informasi Deadline Pengumpulan Tugas Kuliah
  • Download Materi Kuliah Sepuasnya
  • Informasi Biaya Pendidikan & Beasiswa Tersaji Secara Jelas
  • Akses Pra KRS, KRS, KHS Lebih Mudah dan Akurat
  • Akses Nilai dan Transkrip Sementara Agar MahasiswaTermotivasi
  • Evaluasi Dosen untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan masih banyak fitur canggih lainnya di Aplikasi OASIS IIK Bhakti Wiyata

Jemput Peluang Menjadi
Tenaga Kesehatan Profesional Sekarang!

Kembangkan Dirimu Bersama IIK Bhakta

Fakultas Teknologi dan Manajemen Kesehatan

Gedung Graha IIK Bhakta
Lantai 1, 2, 3
(0354) 773535

Sambutan Ketua Prodi S1 Kesehatan Masyarakat

Endah Retnani Wismaningsih., S.KM., M.Kes. , Kaprodi S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta

Selamat Datang di S1 Kesehatan Masyarakat

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat merupakan program studi akademik jenjang sarjana yang berada di bawah naungan Fakultas Teknologi dan Manajemen Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (IIK Bhakta) Kediri yang berdiri sejak 27 September 2005. Prodi S1 Kesehatan Masyarakat telah terakreditasi Baik Sekali berdasarkan SK. LAM-PTKes No. 0493/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2021.

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat berorientasi sarjana kesehatan masyarakat yang siap bekerja pada layanan kesehatan masyarakat primer sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6 dengan kompetensi lulusan pendidikan sarjana kesehatan masyarakat yang ditetapkan oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI). Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat membekali mahasiswa dengan kemampuan hardskill dan softskill yang menunjang mahasiswa di dunia kerja terutama melalui pengalaman melalui Praktik Belajar Lapangan, Praktek Kerja Lapangan serta pengalaman dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Lulusan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta saat ini telah bekerja di berbagai instansi baik di layanan kesehatan primer, rumah sakit, maupun industri. Lulusan S1 Kesehatan Masyarakat Bhakta mendapatkan pekerjaan relatif cepat dan memiliki masa tunggu relatif singkat. Hal ini menunjukkan bahwa lulusan memiliki daya saing yang tinggi di pasar kerja. Dengan demikian diharapkan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat terus memberikan kontribusi dalam menghasilkan lulusan yang kompeten yang memiliki budaya PLUS (Prima dalam layanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya, Sejahtera dalam kebersamaan).

Kaprodi S1 Kesehatan Masyarakat

Endah Retnani Wismaningsih., S.KM., M.Kes.

Jumlah Statistik
statistik prodi S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta

35 Tahun

lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan

132

Kerjasama Nasional & Internasional

60%

Kurikulum Praktek

Visi

Menjadi Program Studi Kesehatan Masyarakat yang unggul dalam mutu pengelolaan tridharma di bidang Kesehatan Masyarakat Daerah Aliran Sungai (DAS) berlandaskan budaya PLUS pada tahun 2025.

Misi

Misi Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, yaitu :

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik kesehatan masyarakat bermutu untuk menghasilkan tenaga kesehatan masyarakat yang unggul di bidang kesehatan masyarakat daerah aliran sungai.
  2. Menyelenggarakan penelitian bermutu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan inovatif di bidang kesehatan masyarakat berbasis pada pemanfaatan sumber daya dan budaya nasional untuk menunjang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bermutu berdasarkan keahlian di bidang kesehatan masyarakat untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat .
  4. Melaksanakan manajemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya PLUS (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya, dan Sejahtera dalam berkehidupan bersama)

Tujuan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

Berdasarkan visi dan misi yang diemban dan untuk mencapai visi dan misi ini, maka tujuan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat adalah:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana kesehatan masyarakat yang profesional, kreatif, inovatif, kompeten, dan dapat dipertanggungjawabkan  sebagai  tenaga  profesional  kesehatan  dan  ilmuan yang mampu bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menghasilkan penelitian dasar, pengembangan, dan terapan yang inovatif di bidang kesehatan masyarakat daerah aliran sungai berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan budaya nasional yang mendapatkan paten dan/atau publikasi bertaraf nasional maupun internasional.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan masyarakat daerah aliran sungai  yang bermanfaat melalui pemberdayaan masyarakat serta peningkatan kualitas hidup manusia.
  4. Mewujudkan manajemen kelembagaan modern berbasis sistem penjaminan mutu, manajemen sistem informasi terpadu dan budaya PLUS. (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya, dan Sejahtera dalam berkehidupan bersama).

Kompetensi Beragam Tiap Semester

Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.

Kompetensi

Dalam Naskah Akademik Pendidikan Kesehatan Masyarakat, telah ditetapkan delapan kompetensi utama yang menjadi kompetensi dasar bagi semua lulusan tenaga kesehatan masyarakat, yakni:

  1. Mampu untuk melakukan kajian dan analisa (Analysis and Assessment).
  2. Mampu untuk mengembangkan kebijakan dan perencanaan program kesehatan (Policy development and program planning).
  3. Mampu untuk melakukan komunikasi (Communication skill).
  4. Mampu untuk memahami budaya lokal (Cultural competency/lokal wisdom).
  5. Mampu untuk melakukan pemberdayaan masyarakat (Community dimensions of practice).
  6. Memahami dasar-dasar ilmu kesehatan masyarakat (Basic public health sciences).
  7. Mampu untuk merencanakan dan mengelola sumber dana (Financial planning and management).
  8. Mampu untuk memimpin dan berpikir sistem (Leadership and sistems thinking/total sistem).

Kompetensi Pendukung lulusan program studi S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakti Wiyata Kediri meliputi:

  1. Menguasai dan melakukan pengembangan teknologi informasi kesehatan.
  2. Mampu mengembangkan diri dan bekerja sama dalam tim kerja yang dapat berguna bagi masyarakat luas.
  3. Mampu menganalisis permasalahan kesehatan dalam rangka melaksanakan penelitian kesehatan dan pengabdian masyarakat guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kompetensi lainnya dari lulusan program studi S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakti Wiyata Kediri adalah :

  1. Menguasai bahasa asing.
  2. Mampu melakukan analisis masalah kesehatan dan penyelesaiannya dengan berbasis lingkungan fisik dan non fisik dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

35 Tahun Lebih Berpengalaman dalam Mencetak Tenaga Ahli Kesehatan

IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.

Bidang Kerja Lulusan
S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta

Balai Pengobatan & Klinik
Balai Pengobatan & Klinik
Rumah Sakit
Rumah Sakit
Puskesmas
Puskesmas
Promotor kesehatan
Promotor kesehatan
Pembina K3
Pembina K3
Laboratorium
Laboratorium
Surveyor
Surveyor
HSE staff & HSE manager
HSE staff & HSE manager
PNS / Karyawan Swasta
PNS / Karyawan Swasta
Perencana program kesehatan
Perencana program kesehatan
Epidemiolog
Epidemiolog
Peneliti kesehatan
Peneliti kesehatan
Enterpreneur
Enterpreneur
Manajer layanan kesehatan primer
Manajer layanan kesehatan primer
Pemberdaya masyarakat
Pemberdaya masyarakat
Konsultan bidang kesehatan masyarakat
Konsultan bidang kesehatan masyarakat

Apa Kata Alumni tentang S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta?

Testimonial from Wildan Arpandu, S.K.M, graduate of  S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta

Selama saya menempuh pendidikan di IIK, kampus ini memberikan pembelajaran yang sangat menyenangkan, mulai dari fasilitas kampus yang memadai dan menunjang perkuliahan serta Dosen pengajar yang berkompeten di bidangnya. Metode pembelajaran yang diberikan juga bervariasi sehingga para mahasiswa tidak bosan selama menempuh pendidikan. Materi perkuliahan juga sesuai dengan kondisi yang ada dilingkungan kerja, sehingga para mahasiswa yang lulus sudah dapat dipastikan siap untuk terjun di dunia kerja sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Wildan Arpandu, S.K.M
Tahun Lulus 2015
Penanggung Jawab Program Promosi Kesehatan di UPTD Puskesmas Long Loreh, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara

Testimonial from Ni Putu Priyanka Ayu Ratnanggana, S.KM, graduate of  S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta

Selama kuliah kesehatan masyarakat di IIK Bhakta banyak hal yang bisa saya pelajari di bidang minat yang lain, terutama di bidang minat saya yaitu Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK) dapat belajar sistem manajemen, regulasi kesehatan, administrasi, dll. Jadi seru gitu kalo belajar tentang AKK karena saya memang niat bekerja di bagian administrasi di RS dan sekarang bisa tercapai untuk kerja di RS di bagian rekam medis, dan bertugas di bagian administrasi klaim BPJS Kesehatan. Pelajaran yang di dapat saat kuliah dulu, saya aplikasikan di tempat kerja dan benar-benar membantu terutama di bidang administrasi rumah sakit. Dosen-dosen saat mengajar juga asyik-asyik, jadi suasana belajar di kelas/online tidak terlalu tegang sekali, jadi materi yang dikasi pun bisa kita pahami. Intinya belajar kesehatan masyarakat itu seru banget deh!

Ni Putu Priyanka Ayu Ratnanggana, S.KM
Tahun Lulus 2023
Administrator Kesehatan di Unit Rekam Medis di RSU Grha Bhakti Medika, Bali

Testimonial from Fransiskus A.C.Waku Moan, S.KM.,M.KKK., graduate of  S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta

Selama saya berkuliah di IIK Bhakta dan mengambil peminatan K3, saya merasa sangat nyaman dan bangga menuntut ilmu di kampus ini. Hal tersebut dikarenakan adanya dukungan dan bimbingan para dosen serta lingkungan akademik kampus yang sangat mendukung perkembangan hardskill maupun soft skill. Serta bidang keilmuan prodi kesehatan masyarakat juga sangat beragam sehingga lulusan kesehatan masyarakat pun mempunyai kesempatan kerja yang luas karena bisa berkarir tidak hanya di sektor kesehatan tetapi juga di berbagai jenis sektor sektor industri lainnya.

Fransiskus A.C.Waku Moan, S.KM.,M.KKK.
Tahun Lulus 2008
EHS Supervisor di PT.Excellen SILO Leaching Jakarta

Testimoni Reni Nugraheni, lulusan S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta

Menurut saya IIK Bhakti Wiyata Kediri adalah Institut Ilmu Kesehatan di Indonesia yang saya yakini sebagai salah satu tempat pendidikan yang terbaik di bidang kesehatan khususnya di wilayah Kediri. Saya adalah mahasiswa pindahan dari prodi kebidanan, karena alasan itulah saya memilih untuk melanjutkan kuliah di IIK Bhakti Wiyata Kediri dan mengambil jurusan S1 Kesehatan Masyarakat. Bagi saya, S1 Kesehatan Masyarakat adalah jurusan/prodi termuda di bidang kesehatan. Meskipun S1 Kesehatan Masyarakat adalah jurusan yang masih belum terkenal d bidang kesehatan tetapi berkat dukungan dosen pengajar dan fasilitas yang lengkap saya yakin dapat meraih masa depan dan impian saya.

Reni Nugraheni

Testimoni Ruli Asharil, lulusan S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta

IIK Bhakti Wiyata Kediri adalah perguruan tinggi yang memiliki prodi S1 Kesehatan Masyarakat unggul dibanding perguruan tinggi lain di Kediri. IIK Bhakta memiliki fasilitas laboratorium yang lengkap sehingga mahasiswanya bisa mengembangkan ilmu yang sudah diperoleh dengan fasilitas tersebut. Saya merasa bangga menjadi mahasiswa IIK Bhakta dan yakin saya akan mampu menjadi tenaga kesehatan yang berkualitas dan bermanfaat bagi semua orang dengan tetap menjunjung tinggi kejujuran, keadilan dan rasa tanggung jawab penuh sebagai tenaga kesehatan.

Ruli Asharil

Course Distribution


Semester


distribusi mata kuliah

Fasilitas Laboratorium
S1 Kesehatan Masyarakat

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja. Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.

Lab Analising, Reporting & Filling
Lab AVA
Lab Bakteriologi
Lab CBT Center
Lab Hematologi
Lab Imunoserologi
Lab Kes Mas
Lab Kimi Amami
Lab Kimia Kualitatif
Lab Kimia Kuantitatif
Lab Koding, Indeksing, dan Assembling
Lab Media
Lab Parasitologi
Lab TPP
Lab Analising, Reporting & Filling
Lab AVA
Lab Bakteriologi
Lab CBT Center
Lab Hematologi
Lab Imunoserologi
Lab Kes Mas
Lab Kimi Amami
Lab Kimia Kualitatif
Lab Kimia Kuantitatif
Lab Koding, Indeksing, dan Assembling
Lab Media
Lab Parasitologi
Lab TPP
360 Campus Tour IIK Bhakta