Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit (ARS) Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (IIK BW) Kediri merupakan salah satu prodi baru yang dikembangkan sesuai dengan Renstra IIK BW Kediri. Prodi S1 ARS IIK BW Kediri beroperasi berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 38/KPT/I/2019 tentang izin Pembukaan Program Studi Administrasi Rumah Sakit Program Sarjana pada Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata di Kota Kediri yang Diselenggarakan oleh Yayasan Bhakti Wiyata tanggal 1 Februari 2019. Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit (ARS) Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (IIK BW) Kediri terakreditasi Baik yang dikeluarkan dengan nomor surat 1139/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/20022.
Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit (ARS) Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (IIK BW) Kediri menghasilkan tenaga kesehatan yang siap bekerja dalam pelayanan administrasi perumahsakitan. Lulusan telah dibekali oleh pembelajaran yang mendukung kinerja untuk peningkatan mutu perumahsakitan. Kurikulum S1 Administrasi Rumah Sakit dengan level KKNI yang dirumuskan dengan mata kuliah wajib institusi dan mata kuliah nasional serta mata kuliah unggulan. Lulusan S1 Administrasi Rumah Sakit juga mengikuti kegiatan kuliah lapangan hal ini diwujudkan dengan mengikuti Praktek kerja lapangan (PKL) di Rumah sakit yang menjadi lahan praktik institusi dengan harapan dapat menambah ilmu pengetahuan yang nantinya mempersiapkan lulusan menjadi lulusan yang siap bekerja.
Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit (ARS) Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (IIK Bhakta) Kediri telah meluluskan mahasiswa tepat waktu sehingga ini menjadi nilai PLUS yang nantinya bisa bahan pertimbangan dunia kerja untuk dapat merekrut lulusan S1 Administrasi Rumah Sakit. Dengan kelebihan ini dapat menjadi bukti nyata bahwa S1 Administrasi Rumah Sakit dapat bersaing dalam menciptakan Sumber Daya Manusia di dunia kerja.
drg. Sahat Manampin Siahaan, MMRS
lebih pengalaman mencetak tenaga ahli kesehatan
Kerjasama Nasional & Internasional
Visi
Menjadi Program Studi Administrasi Rumah Sakit yang unggul, dalam mutu pengelolaan Tridarma di bidang admistrasi rumah sakit khususnya manajemen mutu berlandasakan budaya PLUS pada tahun 2025
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan akademik administrasi rumah sakit bermutu untuk menghasilkan tenaga administrasi rumah sakit yang unggul khususnya menejemen mutu.
2. Menyelenggarakan penelitian bermutu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang admistrasi rumah sakit kususnya menejemen mutu berbasis pada pemanfaatan sumber daya dan budaya nasional untuk menunjang pengembangan Pendidikan dan pengabdian masyarakat.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bermutu berdasarkan keahlian di bidang ilmu dan teknologi administrasi rumah sakit kususnya menejemen mutu untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup sera Kesehatan masyarakat
4. Mengembangkan kelembagaan menuju manajemen modern yang efisien dan efektif berorientasi pada pencapaian tujuan berbasis sistem penjaminan mutu dan manajemen sistem informasi terpadu dengan menjunjung tinggi budaya. (Prima dalam pelayanan, Luhur dalam berbudi pekerti, Unggul dalam berkarya, dan Sejahtera dalam berkehidupan bersama)
Dengan penguasaan praktik sebanyak 60% dan 40% teori, mahasiswa dibekali keterampilan penting tiap semesternya.
Kompetensi
- Kemampuan untuk mengidentifikasi perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pengkontrolan dan evaluasi.
- Kemampuan untuk melakukan pencatatan dan pelaporan.
- Kemampuan untuk melakukan kegiatan manajemen sumber daya manusia.
- Kemampuan untuk mendemonstrasikan advokasi dan kemampuan komunikasi untuk menghadapi perilaku konsumen.
- Kemampuan untuk menghitung dan menganalisis pembiayaan serta memanfaatkan metrik.
- Kemampuan untuk mengoperasikan sistem informasi manajemen terintregasi.
- Kemampuan untuk mengidentifikasi alur sistem pelayanan kesehatan.
- Kemampuan untuk mengidentifikasi pengendalian penyakit infeksi dan keselamatan pasien.
- Kemampuan untuk melakukan kerjasama tim yang efektif dalam organisasi.
- Kemampuan untuk menggunakan instrumen penilaian mutu dan melakukan self assesment.
- Kemampuan untuk mengumpulkan dan mengolah data menjadi informasi.
IIK Bhakta telah meluluskan 17.500 lebih alumni profesional untuk kemajuan kesehatan di Indonesia. Ribuan alumni telah tersebar ke pelosok negeri agar pelayanan kesehatan dapat secara merata terjangkau.
Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk praktikum agar siap terjun di dunia kerja.
Selain itu, baik mahasiswa maupun pengajar dipacu untuk mengembangkan penelitian
agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini didukung
oleh Deputi Penelitian dan Social Responsibility IIK Bhakta.