Bisakah Sembuh dari COVID-19 Tanpa Minum Obat? Ini Jawabannya!
Pendaftaran Online IIK Bhakta Login Pendaftaran Online IIK Bhakta Konsultasi Online IIK Bhakta
 
 

Bisakah Sembuh dari COVID-19 Tanpa Minum Obat? Ini Jawabannya!

4 Aug 2021 16:54 by Rizki Aprilia


Previous Next
 

Rumah Sakit dan fasilitas kesehatan lainnya banyak yang penuh akibat tingginya angka kasus Covid-19 sehingga pasien bergejala ringan sering disarankan untuk dapat menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. Hal ini juga merupakan salah satu penyebab sejumlah apotek selalu terlihat penuh karena banyaknya masyarakat yang mengantri untuk membeli obat secara mandiri. Namun, bisakah Covid-19 sembuh tanpa obat?

Mungkin saja bisa, tapi semuanya harus dilihat terlebih dahulu dari kondisi yang dialami pasien. Untuk pasien Covid-19 tanpa gejala, para ahli biasanya hanya merekomendasikan multivitamin untuk mempercepat pemulihan. Tapi, jangan sampai hal ini membuat kita menjauhi obat ya, apalagi jika kita membutuhkan pertolongan dari obat. Beberapa waktu yang lalu seorang presenter berita viral karena berbagi cerita, dia sembuh dari Covid-19 tanpa mengonsumsi obat. Tentu ini menimbulkan banyak pertanyaan, apakah obat seharusnya dihindari?

Ketua Satuan Gugus Tugas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof. Zubairi Djoerban mengatakan bahwa pada dasarnya obat khusus untuk mengatasi Covid-19 belum ditemukan. Meski begitu, beberapa obat yang sudah ada bisa menjadi terapi pasien Covid-19 dan telah disetujui oleh badan kesehatan dunia (WHO).

Respon individu terhadap suatu penyakit berbeda-beda. Secara alamiah, tubuh memiliki perlindungan sendiri terhadap virus, sehingga proses penyembuhan tiap individu pun juga tak sama. Tidak semua pasien Covid-19 bisa sembuh tanpa meminum obat. Saat terinfeksi, dokter akan memberikan obat sesuai dengan gejala yang dirasakan. Seorang dosen Farmasi IIK Bhakta, apt. Eko Yudha Prasetyo, M.Farm. menjelaskan bagaimana efek obat dalam tubuh kita, dan bagaimana interaksi obat bekerja dalam tubuh. Anda dapat menonton lengkap video penjelasan tentang interaksi obat yang bekerja dalam tubuh dengan klik tautan berikut

https://www.instagram.com/tv/CR_R5dUlNIH/

Jangan lupa share kepada kerabat, saudara, dan teman yang membutuhkan informasi terkait obat-obatan.

 

Artikel Terkait


1. Waspada, Aerator dan Tabung Oksigen Beda Fungsi Lho!
2. Mengenal Carina Citra Dewi Joe, Salah Satu Pemilik Hak Paten Astrazeneca Asal Indonesia
3. Kabar Gembira! Kini Ibu Hamil Sudah Boleh Vaksin dan Terbukti Aman

©   IIK BHAKTI WIYATA