Welcome To IIK Bhaktiwiyata
Pendaftaran Online IIK BW Login Pendaftaran Online IIK BW Konsultasi Online IIK BW
 
 

Kepedulian Nyata IIK Bhakti Wiyata dalam Membantu Warga yang Terdampak COVID-19

19 Jun 2020 14:55 by Rizki Aprilia


Previous Next
 

Pandemi virus Corona ini menjadi cobaan bagi berbagai pihak. Menanggapi pandemi ini, kampus IIK Bhakti Wiyata Kediri turut aktif untuk memberikan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini pun juga sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi yakni tentang pengabdian masyarakat. Untuk mewujudkan hal ini, IIK BW memiliki lembaga khusus yang mengawal beragam kegiatan sosial dan kemanusiaan yakni IIK BW Peduli. IIK BW Peduli merupakan lembaga sosial yang berdiri di bawah naungan IIK Bhakti Wiyata yang selalu mengutamakan kegiatan di bidang sosial kemanusiaan, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan hidup. Hal ini juga merupakan wujud untuk mengembangkan salah satu budaya PLUS yang diusung IIK BW yakni Prima dalam Pelayanan. Disamping itu, IIK Bhakti Wiyata juga selalu berkomitmen tinggi dalam mencetak tenaga kesehatan professional dengan memiliki 22 prodi berkualitas dan siap menuju akreditasi A. Lalu apa saja yang sudah dilakukan IIK BW dalam hal pengabdian kepada nasyarakat di tengah pandemi COVID-19 saat ini? Simak ulasannya berikut ini.

IIK BW Bagikan Jamu Herbal, Hand Sanitizer, Sembako kepada Masyarakat Kediri

Pada tanggal 27 Maret 2020, IIK BW Peduli telah melakukan aksi sosial untuk masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Dalam hal ini IIK BW Peduli bersama dengan Dosen Farmasi dan segenap civitas akademika membagikan jamu herbal buatan sendiri untuk meningkatkan daya imunitas tubuh kepada warga di sekitar lingkungan kampus IIK Bhkati Wiyata. Pembagian jamu dilakukan secara bertahap hingga tiga kali. Pada hari Selasa 31 Maret 2020 total 1500 botol jamu telah dibagikan ke beberapa RT di wilayah Bandar Lor dan disalurkan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Kediri.

Selain itu, IIK BW Peduli juga membagikan 2000 hand sanitizer yang diracik sendiri oleh para pakar dari kampus IIK Bhakti Wiyata. Hand sanitizer ini dibagikan ke warga, pengemudi ojek online dan pedagang di sekitar kampus. Hand sanitizer ini pun juga disalurkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 kota Kediri bersamaan dengan jamu herbal.

Pada hari Selasa, 02 April 2020 IIK BW juga membagikan membagikan 100 paket sembako kepada warga yang tidak mampu di sekitar kampus IIK BW terutama di kelurahan Bandar Lor Kota Kediri. Sebanyak 100 warga dari berbagai profesi seperti pedagang, tukang becak dan warga setempat antri sembari melakukan pshycal distancingdi depan rektorat IIK BW. Harapannya dengan adanya bantuan sembako, akan dapat sedikit membantu beban yang ditanggung akibat adanya pandemi ini.

IIK BW Bagikan 9000 Masker untuk Seluruh Keluarga Besar IIK BW

Untuk menggalakkan protokol kesehatan di kampus, pada tanggal 03 April 2020 Yayasan Bhakti Wiyata membagikan 9.000 masker kain bagi keluarga besar IIK BW mulai dari staf dan pengajar, dan mahasiswa. Khusus mahasiswa akan dibagikan saat mulai masuk ke kampus lagi. Harapannya dengan dibagikan masker ini, muncul kesadaran bagi kita semua untuk menggunakan masker meski dalam keadaan sehat, sehingga dapat mengurangi penyebaran virus, termasuk virus corona.

Fakultas Ilmu Kesehatan IIK BW Berikan Bantuan kepada Warga Kota Kediri yang Terdampak Lockdown COVID-19

Sebagai bentuk kepedulian kepada warga di kelurahan Bujel Mojoroto Kota Kediri yang terdampak lockdown, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) IIK BW menggelar bakti sosial, pada hari Rabu 22 April 2020. Kegiatan bakti sosial diisi dengan sosialisasi mengenai COVID-19 dan pemberian paket sembako. Dekan FIK IIK BW Ibu Ika Rahmawati, S.Kep., Ns, M.Kep. berharap bakti sosial yang dilaksanakan dapat meringankan beban warga di kelurahan Bujel sekaligus memberi motivasi dan wawasan mengenai COVID-19 agar mereka tetap tenang dan mematuhi protokol yang dikeluarkan pemerintah.

BEM IIK BW Peduli COVID-19 Berikan Donasi ke Rumah Zakat

Ditengah kondisi pandemi, dukungan BEM Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata tak henti-hentinya mengalir untuk masyarakat kota Kediri dan tenaga kesehatan yang berjuang memerangi COVID- 19. Pada hari Rabu, 03 Juni 2020, BEM IIK BW mengadakan kegiatan Gerakan Mahasiswa Peduli dengan tema "Memulai Aksi Nyata dalam Membantu Sesama". Kegiatan sosial ini diisi dengan penyaluran donasi melalui Rumah Zakat Kediri dan IIK BW Peduli melalui platform Kitabisa.com. Alves Falo selaku perwakilan BEM Institut berharap donasi yang telah diberikan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19. Ia juga berharap pandemi COVID-19 segera berakhir.

IIK BW Bagikan 800 Ramuan Tradisional Peningkat Imunitas "ODP" kepada Warga Kecamatan Pesantren Kota Kediri

Sebagai bentuk pengabdian masyarakat prodi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok (D4 PTT) FIK IIK BW menciptakan produk ramuan herbal tradisional simplisia kering untuk meningkatkan imunitas Orang Dalam Pemantauan (ODP). Tidak hanya menciptakan produk, prodi D4 PTT IIK BW juga membagikan ramuan ini selama tiga tahap kepada warga di Kota Kediri maupun Kabupaten Kediri. Tahap pertama sebanyak 800 pack ramuan tradisional telah dibagikan hari Jum'at tanggal 12 Juni 2020 di Pendopo Kecamatan Pesantren yang dihadiri Camat Pesantren Bapak Eko Lukmono Hadi, S.Sos., MM, Ketua DPRD Kota Kediri K. Ganik Pramana , Kepala BPBD Bapak Drs.Syamsul Bahri., MM, serta kepala kelurahan Bangsal dan Tempurejo. Simplisia kering yang dibagikan hari ini telah diuji klinis oleh ahli pengobatan interkontinental D4 PTT IIK BW dan terbukti dapat meningkatkan imunitas tubuh. Ramuan herbal siap seduh ini terbuat dari Astragalus, Beishashen, Zhimu, Forsythis, Atractylodes, Jiegeng dll.

Adapun paket ramuan tradisional yang dibagikan adalah simplisia kering yang diadaptasi dari resep obat herbal Tiongkok. Bahan-bahan tersebut pun mudah didapat di Indonesia dan dipastikan aman karena telah dilakukan riset di China.

Saat ini di wilayah Kota Kediri terdapat pasien COVID-19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG). Khusus di wilayah kecamatan Pesantren terkonfirmasi sebanyak 32 warga yang positif terpapar COVID-19. Dua orang dinyatakan sembuh dan satunya meninggal dunia. Bantuan ramuan tradisional ini akan sangat berguna warga kelurahan Bangsal dan Tempurejo yang saat ini sedang melaksanakan Isolasi mandiri dalam pemantauan. Harapannya setelah mengkonsumsi ramuan ini, imunitas tubuh warga akan meningkat sehingga virus yang masuk dapat tertangkal.

Dalam waktu dekat ini, IIK BW akan kembali membagikan lebih banyak ramuan herbal yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Pada tanggal 25 Juni 2020, jamu herbal akan dibagikan ke Kecamatan Mojoroto dan Kelurahan Sukorame sebanyak 220 pcs lalu setelah itu akan dilanjutkan ke Kabupaten Kediri sebanyak 2.350 pcs. Dengan adanya pembagian ramuan herbal ini diharapkan tingkat kesehatan masyarakat kota Kediri meningkat, dan lingkungan kota Kediri bisa tetap kondusif untuk aktivitas warganya termasuk untuk kegiatan belajar mengajar bagi warga Kediri maupun dari luar kota Kediri.

 
 

"Developing Health Experts"

Site Traffic
Site Traffic Last 7 days Last 24 Hours 36,349 
Site Traffic Last 7 days Last 7 days 145,878 
Site Traffic Last 7 days Last 30 days 676,953 
  ONLINE NOW 363 
CONTACT
Jl. KH. Wahid Hasyim 65
Kediri 64114 Jawa Timur
Map IIK
(Fakultas Kedokteran Gigi & SMK)
(Fakultas Ilmu Kesehatan & Fakultas Farmasi)
(Program Profesi, Alih Jenjang, dan Fakultas Sains Teknologi dan Analisis)
Follow Us Instagram IIK Facebook IIK Youtube IIK Twitter IIK
 

"Developing Health Experts"

 
CONTACT
Jl. KH. Wahid Hasyim 65
Kediri 64114 Jawa Timur
Map IIK
(Fakultas Kedokteran Gigi & SMK)
(Fakultas Ilmu Kesehatan & Fakultas Farmasi)
(Program Profesi, Alih Jenjang, dan Fakultas Sains Teknologi dan Analisis)
Follow Us Instagram IIK Facebook IIK Youtube IIK Twitter IIK