Mahasiswa IIK BHAKTA Ciptakan Masker dari Daun Sirih Hijau
Pendaftaran Online IIK Bhakta Login Pendaftaran Online IIK Bhakta Konsultasi Online IIK Bhakta
 
 

Mahasiswa IIK BHAKTA Ciptakan Masker dari Daun Sirih Hijau

18 Sep 2021 13:21 by Totok Agung


Previous Next
 

Produk skincare saat ini tengah menjadi perhatian bagi semua orang. Walaupun di era pandemi seperti ini pengguna produk skincare justru mengalami kenaikan. Salah satu produk skincare yang cukup menarik perhatian adalah masker wajah. Masker wajah tersedia dalam berbagai macam bentuk, salah satunya adalah sheet mask atau masker tisu. 

Sheet mask cukup digemari konsumen dikarenakan memiliki efektivitas penyerapan yang lebih baik dibandingkan dengan masker bentuk lainnya serta tidak perlu dilakukan pembilasan setelah diaplikasikan pada wajah.

Berdasarkan latar belakang tersebut mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri dari program studi S1 Farmasi yang diketuai oleh Muhammad Fatkhur Rizal, dengan anggota Tri Nur Istiqomah, Trivera Meisty Poniran, dan Yandi Afika serta dosen pendamping apt. Umul Farida M.Farm menginovasikan sebuah produk skincare berupa sheet mask dengan bahan utama berasal dari ekstrak daun sirih hijau yang diberi nama Sirih Ayu Mask.

"Daun sirih hijau dipilih sebagai bahan utama sheet mask ini karena tumbuhan ini cukup mudah dijumpai di pekarangan rumah, selain itu aktivitas antibakteri dan antioksidan dalam daun sirih hijau ini bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah, serta dipasaran belum dijumpai produk sheet mask dengan kandungan utama sirih hijau," tutur Rizal selaku ketua pelaksana.

Berdasarkan hasil riset ekstrak daun sirih hijau diketahui mengandung senyawa flavonoid, saponin, dan tanin yang memiliki aktivitas antibakteri. Pada uji aktivitas antibakteri secara in vitro, ekstrak daun sirih hijau dapat menghambat bakteri Staphylococcus aureus, Propionibacterium acnes, dan Staphylococcus epidermis yang merupakan bakteri penyebab jerawat.

Rizal menjelaskan untuk membuat produk Sirih Ayu Mask ini daun sirih hijau perlu dilakukan pengolahan sedemikian rupa, sehingga dihasilkan ekstrak yang akan memberikan khasiat yang maksimal untuk kulit wajah.

Berkat inovasi tersebut produk Sirih Ayu Mask berhasil meraih pendanaan pada Program Kreativitas Mahasiswa bidang kewirausahaan (PKM-K) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek) Republik Indonesia. 

Proposal Sirih Ayu Mask berhasil terpilih dari 62.937 proposal yang diajukan oleh mahasiswa Sarjana (S1) di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Produk Sirih Ayu Mask dipasarkan melaui sosial media dan marketplace. Satu kemasan Sirih Ayu Mask dibandrol dengan harga Rp. 15.000.

"Produk Sirih Ayu Mask ini telah dilakukan uji iritasi sehingga dapat dipastikan aman untuk konsumen, selain itu dari beberapa testimoni konsumen mengatakan bahwa produk Sirih Ayu Mask memiliki beberapa kelebihan, seperti essence yang banyak, baunya segar dan alami, mampu mengempeskan jerawat, serta mampu melembapkan kulit setelah digunakan," ujar Rizal

Sirih Ayu Mask saat ini secara komersil dapat dibeli melalui Shopee (sirihayu.officialshop) dan Tokopedia (Sirih Ayu Official). Selain itu laman Instagram @sirihayu.official juga memposting informasi terkait produk Sirih Ayu Mask.

 

Artikel Terkait


1. Walikota Kediri Beri Orasi di Pengukuhan Mahasiswa Baru IIK Bhakta TA. 2021/2022
2. Akreditasi LAM-PTKes Prodi D3 Farmasi
3. Delegasi Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat IIK Bhakti Wiyata Ikuti Kegiatan RAPIMNAS ISMKMI di Riau
4. IIK BW Peduli dan BEM IIK BW Salurkan Sembako kepada Warga Terdampak Covid-19
5. IIK Bhakta bersama Kodim 0809 Lakukan Vaksinasi ke Santri Lirboyo
6. Cegah Covid-19: Mahasiswa IIK BW Bergabung Menjadi Relawan di BPBD Kota Kediri

©   IIK BHAKTI WIYATA