Welcome To IIK Bhaktiwiyata
Pendaftaran Online IIK BW Login Pendaftaran Online IIK BW Konsultasi Online IIK BW
 
 

Mengetahui Peran Lulusan D3 Anafarma di Tengah Pandemi COVID-19 Sebagai Quality Control pada Obat-Obatan, Makanan dan Minuman

25 Jun 2020 18:09 by Rizki Aprilia


Previous Next
 

Sebagai Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK), peran alumni D3 Analisis Farmasi dan Makanan (D3 Anafarma) IIK BW pada masa pandemi saat ini adalah ikut andil dengan menjamin mutu obat-obatan sebelum diserahkan kepada pasien COVID-19 ataupun pasien dengan diagnosa lainnya. Alumni D3 Anafarma yang bekerja di Instalasi farmasi bekerja sesuai protokol kesehatan dengan memakai APD  yang memenuhi standar seperti masker, handscone dan face shield. Hal ini dilakukan saat penyerahan obat kepada pasien. Penyemprotan desinfektan di ruang kerja farmasi dan di apotek 2 kali dalam sehari hal ini dilakukan untuk menjaga TTK agar terhindar dari virus COVID-19. Saat ini, salah satu alumni Anafarma IIK BW juga ada yang bekerja di Dinas Kesehatan Gunung Mas Kalimantan Tengah. Saat ini ia telah menjadi Satgas COVID-19 dalam program Pengendalian dan Pencegahan penyakit. Tertarik apa aja sih yang dipelajari dalam prodi ini? Simak ulasannya berikut.

 

Apa saja sih yang akan kalian pelajari di Prodi D3 Anafarma

Prodi D3 Analisis Farmasi dan Makanan IIK Bhakti Wiyata mempunyai keterampilan lebih khususnya dibidang analisisis obat tradisional. COVID-19 dapat dicegah dengan mengonsumsi empon-empon yang merupakan obat tradisional Indonesia. Dengan mempelajari analisis mutu obat tradisonal dalam prodi D3 Anafarma maka kualitas atau mutu obat yang dikonsumsi masyarakat dapat terjamin karena sudah disesuaikan dengan standar kualitas mutu.

Apa saja peluang yang didapatkan oleh lulusan D3 Anafarma?

Lulusan prodi D3 Anafarma IIK BW dibekali keilmuan dibidang analisis farmasi dan makanan khususnya analisis obat tradisional. Alumni D3 Anafarma IIK BW telah terserap diberbagai industri farmasi, kosmetik maupun jamu.

Contohnya ada alumni kami yang bekerja di PT. Jamu Sido Muncul, PT. Bernofarm, PT. PT. Motasa Indonesia, PT. Softex Indonesia, PT. First Medifarma, PT. Rama Emerald Multi Sukses, PT. Medece Kosmetik, PT. Interbat, PT. Agaricus Sido Makmur Sentosa, PT. Afi Farma, PT. Bumi Widoro Kandang, PT. Roi Surya Prima Farma, Pos POM Kupang dan lembaga pemerintah lainnya.

Lulusan D3 Anafarma adalah profesi yang mulia

Alumni D3 Anafarma IIK BW Kediri merupakan salah satu dari 16 Prodi D3 Anafarma di seluruh Indonesia. Artinya peluang SDM oleh pengguna alumni masih banyak terserap dibanding prodi yang lain. Kemampuan mandiri yang telah diasah dan alumni D3 Anafarma IIK BW Kediri yang telah tersebar di berbagai Instansi menandakan D3 Anafarma IIK BW Kediri mampu bersaing dan bekerja sama dengan tenaga kesehatan yang lain.

Hubungan lulusan D3 Anafarma dengan tenaga kesehatan lain.

Banyak terjadi interaksi antara Alumni D3 Anafarma IIK BW dengan tenaga kesehatan yang lain. Contoh D3 Anafarma IIK BW Kediri yang bekerja di industri farmasi pasti secara tidak langsung bekerja dengan tenaga kesehatan yang lain. Hasil QC suatu produk obat, kosmetik atau pun jamu akan dicek lagi sebelum diedarkan. Sehingga interaksi dengan tenaga kesehatan lain terus berjalan.

Pengalaman dan lingkungan kerja yang dinamis bagi lulusan D3 Anafarma

Alumni D3 Anafarma akan tetap mengalami perkembangan keilmuan dengan adanya peraturan perundang-undangan tentang obat, jamu, kosmetik dan alat kesehatan sesuai aturan pemerintah. Alumni D3 Anafarma siap mengikuti seminar-seminar tentang pembaruan regulasi yang ada sesuai kebutuhan, instansi dimana alumni D3 Anafarma IIK BW bekerja.

Manfaat yang diperoleh menjadi lulusan D3 Anafarma

Selain mampu menjadi quality control untuk produk kosmetik, makanan, minuman dan obat-obatan kepada masyarakat supaya aman dan layak konsumsi, lulusan D3 Anafarma juga memiliki keterampilan khusus. Adapun keterampilan yang dimiliki diantaranya mampu melakukan verifikasi kesesuaian proses pemerikasaan dengan SOP dan juga mampu bekerja secara tim dengan para tenaga kesehatan lainnya.

Tertarik mengenal prodi D3 Anafarma lebih lanjut? Silakan kunjungi halaman prodi D3 Anafarma untuk mengetahui detail informasi prodi. Berjuang bersama demi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. Bersama, pasti BISA!

 
 

"Developing Health Experts"

Site Traffic
Site Traffic Last 7 days Last 24 Hours 36,561 
Site Traffic Last 7 days Last 7 days 145,824 
Site Traffic Last 7 days Last 30 days 677,228 
  ONLINE NOW 281 
CONTACT
Jl. KH. Wahid Hasyim 65
Kediri 64114 Jawa Timur
Map IIK
(Fakultas Kedokteran Gigi & SMK)
(Fakultas Ilmu Kesehatan & Fakultas Farmasi)
(Program Profesi, Alih Jenjang, dan Fakultas Sains Teknologi dan Analisis)
Follow Us Instagram IIK Facebook IIK Youtube IIK Twitter IIK
 

"Developing Health Experts"

 
CONTACT
Jl. KH. Wahid Hasyim 65
Kediri 64114 Jawa Timur
Map IIK
(Fakultas Kedokteran Gigi & SMK)
(Fakultas Ilmu Kesehatan & Fakultas Farmasi)
(Program Profesi, Alih Jenjang, dan Fakultas Sains Teknologi dan Analisis)
Follow Us Instagram IIK Facebook IIK Youtube IIK Twitter IIK