Welcome To IIK Bhaktiwiyata
Pendaftaran Online IIK BW Login Pendaftaran Online IIK BW Konsultasi Online IIK BW
 
 

Pahlawan Kesehatan Bangkit Lawan Covid-19: IIK BW Jalankan Perkuliahan dan Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Secara Online

30 Apr 2020 16:55 by Rizki Aprilia


Previous Next
 

Oleh: Dyah Aryantini, S.Si., M.Sc., Apt. (Wakil Dekan 3 Fakultas Farmasi)

Sejak pemerintah menetapkan pandemic COVID-19 sebagai bencana nasional, instansi pemerintahan dan perkantoran swasta menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Tak terkecuali di instansi pendidikan tinggi, sejumlah kampus menetapkan kebijakan kuliah daring demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Hal inilah yang juga diterapkan oleh kampus IIK Bhakti Wiyata Kediri yang merupakan institusi kesehatan pertama di Indonesia dan telah diakui oleh MURI. Sebagai kampus yang selalu berkomitmen tinggi dalam mencetak tenaga kesehatan profesional, IIK BW memiliki 22 macam program studi berkualitas dan siap menuju akreditasi institut A. Beragam kerjasama dan prestasi telah banyak dilakukan oleh IIK BW untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dalam situasi pandemik saat ini, IIK BW menyadari bahwa kuliah kesehatan harus tetap berjalan karena menuntut ilmu dalam bidang Kesehatan adalah hal yang sangat mulia. Apalagi saat ini jumlah tenaga medis sangat  dibutuhkan oleh negara dan masih terbilang kurang SDM-nya. Menanggapi kekurangan tenaga medis tersebut, IIK BW berkomitmen untuk memaksimalkan kualitas pembelajaran salah satunya dengan metode daring (online), bahkan untuk mata kuliah praktikum juga dilakukan secara daring. Lalu apa tantangan terbesar dalam melakukan perkuliahan metode daring? Simak selengkapnya.

Tantangan dan Tanggung Jawab Besar

Dyah Aryantini, M.Sc.,Apt., dosen Fakultas Farmasi yang merupakan salah satu dosen yang menerapkan pembelajaran daring bagi mahasiswanya. “Selama masa pandemik COVID-19, kami para pendidik di perguruan tinggi mesti terus aktif, kreatif, hiperaktif dan proaktif khususnya dalam dharma pendidikan tinggi,” ujarnya ketika dihubungi via video conference. Namun Dyah juga mengakui bahwa kuliah daring tidak semudah yang dibayangkan. Bagi Dyah ini bukan kali pertama ia mengajar secara daring, “IIK Bhakti Wiyata sudah sejak dulu memberlakukan kuliah daring, bahkan pihak kampus menyediakan platform khusus untuk itu, sebelum pandemik ini menyerang 20% perkuliahan di kampus kami dilakukan secara daring, kemudian kondisi ini (pandemik COVID-19) yang membuat kuliah akhirnya 100% daring.

Sebagai dosen, Dyah harus memastikan capaian pembelajaran yang diberikan melalui kelas online dapat dipahami oleh mahasiswa. Baginya ini merupakan tanggung jawab besar seorang dosen, “Tugas besar yang perlu dipikirkan dengan matang, apalagi kami di bidang pendidikan kesehatan, mahasiswa yang saya ajar sekarang ini mungkin dimasa depan akan jadi garda terdepan jika kita menghadapai kondisi pandemik seperti ini”. Dosen yang mengajar mata kuliah Fitokimia ini dapat mengajar secara daring 2 kali sehari dengan masing masing sesi berlangsung 1,5 jam. “Saya harus memikirkan strategi pembelajaran agar mahasiswa saya tidak bosan dan tetap fokus,” ujarnya.  Berdasarkan pengalamannya memberi kuliah jarak jauh berikut tips dari Dyah agar kuliah lebih optimal.

1. Buat Reminder Jadwal Kuliah

Kuliah online memang serba praktis, dapat dilakukan kapan dan dimanapun, terlebih jika kita sedang berada di rumah yang atmosfernya bukan atmosfer kampus. Menurut Dyah penting untuk membuat reminder jadwal kuliah baik dosen dan mahasiswa. Hal ini dapat menjaga komitmen pada jadwal yang telah disepakati.

2. Manajemen Waktu

Durasi dalam kuliah online tidak bisa disamakan dengan kuliah konvensional, selainMenurutnya kuliah online akan terasa lebih melelahkan dibanding kuliah konvensional, hal ini dikarenakan posisi yang tidak ergonomis seperti mata terlalu lama menatap layar, posisi duduk, cahaya lampu, dan lain sebagainya, terlebih tidak semua tempat tinggal dirancang untuk tempat kerja.

3. Pilih Lokasi yang Nyaman dan Tenang

Walaupun kuliah online bisa dilakukan dimanapun, bukan berarti semua tempat cocok untuk melaksanakan kuliah daring. “Saya selalu memilih pergi ke kamar atau ruangan lain yang sekiranya nyaman dan tenang untuk menjaga konsentrasi, karena suara di sekitar bisa jadi barrier komunikasi dosen dengan mahasiswa,” pesannya.

4. Beri Tugas yang Merangsang Pemahaman Tetapi Tidak Membebani Mahasiswa

Saat melakukan perkuliahan, Dyah selalu menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa, Menurutnya dosen bukan sumber satu satunya dalam belajar, Sebagai contoh, dalam ilmu fitokimia yang dipelajari adalah senyawa aktif dalam tumbuhan obat. Saya meminta mahasiswa untuk membuat vlog me-review tanaman obat yang ada di dapur atau sekitar rumah masing-masing, namun review tetap mengacu pada hasil riset yang dipublikasi dalam jurnal”. Dengan cara seperti itu, ia berharap mahasiswa tidak terbebani dengan tugas namun juga menikmati tugas yang diberikan dan yang terpenting mahasiswa memahami capaian pembelajaran. “Dengan melakukan pengamatan sendiri di lingkungan sekitar, maka mahasiswa akan menemukan hal baru dan termotivasi untuk cari tahu lebih dalam sehingga ia tetap mau belajar dan memiliki pola pikir untuk selalu ingin maju,” imbuhnya.

5. Sebisa Mungkin Video Conference

Komunikasi dalam kuliah daring sangat penting, metode kuliah daring bermacam-macam bentuknya , namun Dyah lebih menyarankan untuk video conference. Tatap muka walaupun secara tidak langsung dapat meningkatkan efektifitas perkuliahan. Dyah menjelaskan terkadang ada beberapa mahasiswa yang mengakali kuliah dengan memasang foto saja sehingga dosen tidak bisa memantau apakah mahasiswa benar benar mengikuti kuliah dengan baik. Mengantisipasi hal itu, Dyah menyebut nama mahasiswa secara acak untuk menjawab pertanyaan ataupun wajib bertanya kepada saya dengan begitu mahasiswa dapat fokus dan merasa dianggap.

Dyah menjelaskan kuliah daring memiliki kelebihan dan kekurangan dibanding kuliah tatap muka, “Mudahnya kuliah daring dapat dilakukan kapan dan dimana saja namun untuk materi tertentu seperti praktikum misalnya, akan lebih mudah jika dilakukan dengan tatap muka, atmosfer praktikum, memperagakan secara nyata, itu yang tidak ada di kuliah daring”. Dyah optimis pandemi ini segera berakhir dan berharap bisa kembali merasakan atmosfer kampus yang tidak tergantikan dengan kuliah daring dan tentunya semua sivitas akademika IIK Bhakti Wiyata juga telah merindukan beragam acara dan kegiatan organisasi lainnya di IIK BW yang sangat bermanfaat dalam membangun soft skill dan jiwa kepemimpinan mahasiswa.

Kerjasama dengan Telkomsel untuk Kuota Gratis E-Learning

Untuk mendukung perkuliahan online agar berjalan lancar dan optimal, IIK Bhakti Wiyata menjalin kerjasama dengan perusahan telepon seluler terbesar, yakni Telkomsel. Dalam hal ini kerjasama dilakukan dengan pemberian kuota internet gratis 30 GB untuk pemakaian satu bulan. Paket ini dinamakan Ilmupedia. Para mahasiswa IIK BW dapat langsung menggunakan paket tersebut untuk kuliah oline yang dapat langsung disambungkan ke link kuliah online IIK BW yaitu moodle.iik.ac.id. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini semakin menambah motivasi mahasiswa untuk tetap giat kuliah online selama pandemi ini berlangsung.

IIK BW juga Buka Pendaftaran Online dan Konsultasi Online

Selain telah memberlakukan kuliah dengan sistem daring, IIK Bhakti Wiyata juga telah membuka jalur pendaftaran calom mahasiswa baru secara online. Upaya ini dilakukan untuk memudahkan banyak calon mahasiswa dari luar pulau Jawa yang berminat mendaftar ke IIK BW dan turut mendukung himbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing. Anda bisa akses pendaftaran online IIK Bhakti Wiyata melalui webiste resmi kami di www.iik.ac.id/pendaftaran. Selain itu, Anda juga dapat melakukan konsultasi seputar prodi yang Anda minati dengan tim pendaftaran kami secara online. Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda seputar prodi yang ada di IIK BW dan memberikan saran terbaik agar Anda tepat dalam memilih prodi. Konsultasi pendaftaran online ini Anda ikuti setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 10:00-12:00 WIB melalui website www.iik.ac.id/livekonsultasi.

Program Voucher Pendidikan untuk Pendaftar Online

Raih juga kesempatan untuk menangkan voucher pendidikan dari IIK BW dan SMK Kesehatan Bhakti Wiyata. SMK Kesehatan Bhakti Wiyata sendiri merupakan jenjang pendidikan sekolah menengah kejuruan yang berada di bawah naungan Yayasan Bhakti Wiyata, lembaga founder dari IIK Bhakti Wiyata. Program ini diperuntukkan khusus bagi Anda calon mahasiswa IIK BW dan calon siswa SMK Kesehatan Bhakti Wiyata yang mendaftar online melalui website resmi kami di www.iik.ac.id dan www.smkkbw.sch.id

Adapun voucher pendidikan tersebut berupa:

Cara mendapatkan voucher pendidikan ini cukup mudah, Anda tinggal repost informasi seputar voucher pendidikan ini yang sudah diposting di instagram @iikbhaktiwiyata dan @smkbhaktiwiyata dan mention 5 teman Anda untuk ikut bergabung. Pemenang akan dipilih secara acak dengan syarat mengikuti tahap-tahap yang sudah ditentukan oleh panitia. Tertarik mencobanya? Program ini berlaku mulai 15 April 2020 hingga 23 Juni 2020.  Tunggu apalagi? Segera jemput kesuksesan Anda bersama kami IIK Bhakti Wiyata.

 

Artikel Terkait


1. Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di tengah Pandemi COVID-19
2. Sinar UVC Jadi Disinfektan Corona, Tapi Amankah Bila Terpapar Manusia?
3. IIK Bhakti Wiyata Persiapkan ‘Prodi Online’ untuk Hadapi Era Serba Digital
4. Lawan Covid-19: IIK Bhakti Wiyata sebagai Kampus Kesehatan Siap Hadapi Era New Normal
5. Peran Lulusan D4 Teknologi Laboratorium Medis di Tengah Pandemi Covid-19
6. Mengenal Ahli Teknologi Laboratorium Medis: Para Pahlawan Kesehatan di tengah Pandemi COVID-19

 

"Developing Health Experts"

Site Traffic
Site Traffic Last 7 days Last 24 Hours 8,597 
Site Traffic Last 7 days Last 7 days 68,176 
Site Traffic Last 7 days Last 30 days 697,564 
  ONLINE NOW 71 
CONTACT
Jl. KH. Wahid Hasyim 65
Kediri 64114 Jawa Timur
Map IIK
(Fakultas Kedokteran Gigi & SMK)
(Fakultas Ilmu Kesehatan & Fakultas Farmasi)
(Program Profesi, Alih Jenjang, dan Fakultas Sains Teknologi dan Analisis)
Follow Us Instagram IIK Facebook IIK Youtube IIK Twitter IIK
 

"Developing Health Experts"

 
CONTACT
Jl. KH. Wahid Hasyim 65
Kediri 64114 Jawa Timur
Map IIK
(Fakultas Kedokteran Gigi & SMK)
(Fakultas Ilmu Kesehatan & Fakultas Farmasi)
(Program Profesi, Alih Jenjang, dan Fakultas Sains Teknologi dan Analisis)
Follow Us Instagram IIK Facebook IIK Youtube IIK Twitter IIK