Welcome To IIK Bhaktiwiyata
Pendaftaran Online IIK BW Login Pendaftaran Online IIK BW Konsultasi Online IIK BW
 
 

Peran S1 Kesehatan Masyarakat dalam Kampanye PHBS dan Cegah Rantai Penyebaran COVID-19

1 Jul 2020 11:05 by Anggia Panggabean


Previous Next
 

COVID-19 yang secara resmi per Maret 2020 muncul di Indonesia ini seringkali menjadi isu pembicaraan di berbagai kalangan. Masyarakat pun kini semakin mawas diri untuk menjaga kebersihan diri dan stamina tubuh demi terhindar dari COVID-19. Tak ayal, kini kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sering kita jumpai di berbagai sudut negeri ini hingga dunia.

Gerakan PHBS ini sendiri sebenarnya bukan hal baru. Namun menjadi lebih sering kita dengar dan lakukan sejak kesadaran menjaga kebersihan diri meningkat. Adapun pengertian PHBS sendiri ialah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. Tujuan utama dari PHBS yakani untuk meningkatkan kualitas kesehatan dengan proses kesadaran diri dalam melalukan kehidupan sehari-hari dengan bersih dan sehat.

Pelaksanaan PHBS yang paling dasar dalam kehidupan sehari-hari diantaranya meliputi:

  1. Cuci tangan dengan sabun
  2. Tidak merokok
  3. Makan dengan gizi seimbang (Makan sayur dan buah setiap hari)
  4. Menggunakan air bersih
  5. Lakukan aktivitas fisik setiap hari

Dalam melaksanakan kampanye PHBS, maka ada andil dari lulusan S1 Kesehatan Masyarakat yang berperan untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat. Adapun sebelum penyuluhan dilakukan, seorang ahli kesehatan masyarakat akan melakukan analisa dan survei untuk merancang strategi perencanaan yang sesuai dengan masyarakat di daerah tersebut. Tujuannya agar nanti ketika dilaksanakan penyuluhan, maka masyarakat dapat mengikuti anjuran dan protokol yang ada dalam program kesehatan tersebut.

Peran S1 Kesehatan Masyarakat IIK BW di tengah Pandemi COVID-19

Di tengah pandemi COVID-19, prodi S1 Kesehatan Masyarakat IIK BW pun turut andil dalam menggalakkan pencegahan COVID-19. Menurut Kaprodi S1 Kesehatan Masyarakat IIK BW, Reny Nugraheni, S.KM., MM., M.Kes, menyampaikan “Di tengah wabah COVID-19, lulusan S1 Kesehatan Masyarakat menjadi andalan bagi semua elemen tenaga kesehatan, pemerintah, dan seluruh lapisan masyarakat. Mereka tidak hanya bekerja dibalik layar, tapi juga menjadi garda terdepan untuk mengedukasi individu, keluarga maupun kelompok masyarakat.”

Salah satu contoh edukasi yang dilakukan ialah dengan mengadakan diskusi online yang terbuka untuk umum dengan tema “Hadapi COVID-19 dengan Pengetahuan bukan Kepanikan”. Diskusi tersebut dibawakan langsung oleh dosen S1 Kesehatan Masyarakat, yakni Forman Novrindo Sidjabat, S.KM., M.Kes (Epid) pada bulan April 2020 lalu saat masyarakat masih panik dalam mengahadapi COVID-19.

Bentuk kepedulian dosen dan mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat IIK BW juga diwujudkan dalam video edukasi himbauan tentang COVID-19, penelitian dosen seputar COVID-19 hingga pengabdian masyarakat. Salah satu pengabdian masyarakat yang dilakukan ialah bekerjasama dengan PERSAKMI (Persatuan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia) kota Kediri dalam membagikan masker di tempat publik dan membagikan susu serta vitamin bagi tenaga kesehatan di 9 puskesmas yang berada di kota Kediri.

Contoh nyata lainnya adalah alumni S1 Kesehatan Masyarakat tahun 2016 yakni Amiruddin yang menjadi relawan penanganan COVID-19 di Sampang, Madura. Amiruddin bertugas untuk mendata pendatang dari dalam/luar Sampang. Amiruddin mengaku inisiatifnya untuk menjadi relawan karena merasa tergerak hatinya terutama ia berasal dari prodi kesehatan masyarakat dari kampus kesehatan favorit di Jawa Timur, IIK Bhakti Wiyata.

Tak hanya Amiruddin, adik kelasnya yang lulus di tahun 2018, yakni Amanda Tasha juga menjadi tim COVID-19 di Puskesmas Penyangga COVID-19 di Tulungagung. Ia bertugas sebagai admin pendataan pasien di fast track dan pengecekan suhu. Ia merasa bahwa tugasnya sebagai promosi kesehatan untuk memutus rantai penularan COVID-19 adalah hal yang perlu dilakukan karena ini menyangkut kesehatan bersama.

Dua alumni tersebut merupakan sedikit contoh dari sekian banyak alumni S1 Kesehatan Masyarakat IIK BW dan sivitas akademika yang turut andil dalam pencegahan penyebaran COVID-19. Satu tujuan yang mereka impikan ialah pandemi COVID-19 segera berakhir. Tugas itu tentu berat bila diemban oleh 1 atau 2 orang saja. Mereka butuh kamu untuk turut terjun menjadi pejuang pemberantas COVID-19, salah satunya menjadi ahli tenaga kesehatan masyarakat.

Kenali lebih lanjut prodi S1 Kesehatan Masyarakat untuk peluang karirmu di masa depan. Berjuang bersama demi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. Bersama, pasti BISA!

 
 

"Developing Health Experts"

Site Traffic
Site Traffic Last 7 days Last 24 Hours 36,564 
Site Traffic Last 7 days Last 7 days 145,797 
Site Traffic Last 7 days Last 30 days 677,234 
  ONLINE NOW 257 
CONTACT
Jl. KH. Wahid Hasyim 65
Kediri 64114 Jawa Timur
Map IIK
(Fakultas Kedokteran Gigi & SMK)
(Fakultas Ilmu Kesehatan & Fakultas Farmasi)
(Program Profesi, Alih Jenjang, dan Fakultas Sains Teknologi dan Analisis)
Follow Us Instagram IIK Facebook IIK Youtube IIK Twitter IIK
 

"Developing Health Experts"

 
CONTACT
Jl. KH. Wahid Hasyim 65
Kediri 64114 Jawa Timur
Map IIK
(Fakultas Kedokteran Gigi & SMK)
(Fakultas Ilmu Kesehatan & Fakultas Farmasi)
(Program Profesi, Alih Jenjang, dan Fakultas Sains Teknologi dan Analisis)
Follow Us Instagram IIK Facebook IIK Youtube IIK Twitter IIK