PPTII Bersama D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok Adakan Webinar Bahas Aplikasi Klinis Kombinasi Modalitas Traditional Chinese Medicine
Pendaftaran Online IIK BW Login Pendaftaran Online IIK BW Konsultasi Online IIK BW
 
 

PPTII Bersama D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok Adakan Webinar Bahas Aplikasi Klinis Kombinasi Modalitas Traditional Chinese Medicine

25 Apr 2021 13:14 by Totok Agung


Previous Next
 

Perkumpulan Pengobatan Tradisional Interkontinental Indonesia (PPTII) menggelar webinar series bersama prodi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT)  IIK Bhakti Wiyata Kediri, dengan topik Aplikasi Klinis Kombinasi Modalitas Traditional Chinese Medicine secara daring, Minggu (25/04/2021)

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI sekaligus Dewan Pengawas PPTII, apt. Emanuel Melkiades Laka Lena, S.Si, berharap dapat melaksanakan sinergi bersama untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.”Dengan adanya webinar series yang berkelanjutan, kita berharap para pengobat tradisional di Indonesia dapat memberikan pelayanan kesehatan tradisional yang bermanfaat dan aman,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI), Dr. dr. Trihono, M.Sc., mengapresiasi terlaksananya kegiatan webinar.

“Tantangan pengembangan Kesehatan Tradisional Indonesia saat  ini adalah memiliki kekayaan alam berupa tanaman obat namun belum dikelola maksimal. Sumber Daya Manusia untuk kesehatan tradisional juga masih tertinggal, medical record terkait kesehatan tradisional di Indonesia masih belum banyak. Saat ini sudah mulai bermunculan tenaga kesehatan tradisional yang berbasi pendidikan seperti D4 PTT IIK Bhakti Wiyata Kediri, D4 Akupuntur dan Herbal UKDC, D3 dan D4 Pengobatan Tradisional Unair dan D3 Jamu Poltekkes Surakarta, dll.. Keberadaan prodi tersebut menjadi tulang punggung pengembangan ilmiah Kesehatan Tradisional Indonesia. Sehingga penyelenggaraan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (P2KB) seperti ini sangat penting untuk dilakukan,” tambahnya.

Acara webinar series 2 pada tema pertama  membahas “Pendekatan Intervensi Akupuntur dan Manipulasi Tuina dalam Kasus Cedera Jaringan Lunak Leher (Stiff Neck) oleh Jeny Devina B.Med, M.Acupunture andTuina, merupakan lulusan S2 Chengdu University of TCM. Tema kedua membahas“ Aplikasi Klinis dalam Teori Mengobati Darah Dahulu dalam Penatalaksanaan Penyakit yang Disebabkan Patogen Angin”, oleh Michael Andika Winata, B.Med., merupakan lulusan S1 Beijing Univeristy of Chinese Medicine dan Ketua Kolegium PPTII.

Dilaksanakannya webinar series ini oleh PPTII sebagai organisai profesi untuk lulusan Pengobatan Tradisional Tiongkok, diharapkan dapat mendukung Pengobatan Tradisional menuju pengobatan berbasis ilmiah atau Evidence Based Mediciene.

 

Artikel Terkait


1. Waspada Penipuan yang Mengatasnamakan IIK BW dan SMKKBW
2. Prodi D4 Pengobatan Tradisional Tiongkok IIK BW Raih Akreditasi B.
3. Prima dalam Layanan: IIK BW Peduli Rilis Program Baru “Konsultasi Kesehatan” Secara Online dan Gratis untuk Masyarakat Umum
4. Fakultas Farmasi IIK Bhakti Wiyata Sambut Mahasiswa Baru Profesi Apoteker
5. FKG IIK BW Adakan Seminar Online: New Breakthrough in Dentistry
6. IIK BW Laksanakan Pelantikan Pengurus Ormawa dan UKM Periode 2020/2021

©   IIK BHAKTI WIYATA