Welcome To IIK Bhaktiwiyata
Pendaftaran Online IIK BW Login Pendaftaran Online IIK BW Konsultasi Online IIK BW
 
 

Prodi D3 Kebidanan: Prodi Khusus bagi Kaum Perempuan

25 Jun 2020 11:00 by Anggia Panggabean


Previous Next
 

Halo calon tenaga kesehatan profesional, sudah yakin dalam menentukan pilihan jurusan untuk kuliah?  Yups, memilih jurusan yang tepat memang sangat penting untuk menentukan masa depan kalian.

Nah, buat cewek-cewek yang masih galau dalam menentukan jurusan, ada nih prodi di IIK Bhakti Wiyata yang dikhususkan hanya untuk pendaftar perempuan. Meskipun hanya perempuan yang boleh masuk jurusan ini, bukan berarti persaingannya nggak ketat seperti prodi lain lho.

Nah buat yang masih bingung, coba disimak dengan cermat fakta lengkap program studi D3 Kebidanan IIK Bhakti Wiyata Kediri. Check it out!

Kenapa prodi D3 Kebidanan khusus untuk perempuan?

Tak seperti prodi lainnya, prodi D3 Kebidanan punya syarat khusus yaitu hanya untuk perempuan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Kementerian Kesehatan nomor 28 tahun 2017 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan. Pada Bab 1 pasal 1 tertulis pengertian bidan. Bidan adalah seorang perempuan yang lulus dan pendidikan profesi bidan yang telah teregistrasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Nah jelas kan?

Apa sih yang kalian dapatkan di prodi D3 Kebidanan di IIK BW?

Saat kuliah D3 Kebidanan, kalian tak hanya lebih aware akan kesehatan pada diri kalian sendiri dan keluarga. Namun kalian juga akan mendapatkan ilmu tentang persalinan dari fase-fase dalam kehamilan, menyusui, merawat, tumbuh kembang bayi, hingga rencana program Keluarga Berencana (KB) lho. Keahlian ini jelas tak dimiliki oleh lulusan dari prodi lain.

Lalu bagaimana Peluang Kerja untuk Alumni D3 Kebidanan?

Tenang. Selain idaman para perwira, lulusan prodi D3 Kebidanan dapat bekerja sama dengan rumah sakit ataupun klinik. Bahkan jika kalian selesai melanjutkan profesi Kebidanan, kalian bisa buka praktik mandiri, lho.

Jika kalian ingin membuka usaha, lulusan D3 Kebidanan bisa banget membuka usaha yang lagi hits yakni "Baby Spa".

Keunggulan dari Lulusan D3 Kebidanan

Bidan merupakan salah satu pekerjaan yang mulia lho. Mahasiswa D3 Kebidanan tentu lebih memahami perjuangan seorang ibu dan lebih peduli dengan kesehatan reproduksi. Kalian juga berjasa kepada negara karena menyelamatkan ibu dan bayi saat proses persalinan.Tingkat kematian ibu atau balita menjadi perhatian khusus lho bagi pemerintah kita.

Bangga kan jadi mahasiswa D3 Kebidanan? Jelas bangga!

Hubungan D3 Kebidanan dengan Tenaga Kesehatan Lainnya?

Menjadi bidan  tentu sangat dekat dengan rekan sejawat lainnya seperti dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi (Sp.Og) atau dokter kandungan. Komunikasi yang baik dan kolaborasi antara bidan dan dokter sangat diperlukan saat proses persalinan yang memerlukan tindakan seperti operasi dan sebagainya.

Bagaimana Profesi Bidan Dapat Berkembang dalam Dunia Kerja?

Ilmu Kebidanan akan selalu berkembang seiring dengan berjalannya waktu, banyak penelitian-penelitian dan temuan baru di bidang kesehatan sehingga diperlukan keaktifan dan rasa ingin tahu yang tinggi sebagai tenaga kesehatan agar tidak tertinggal dan mampu memberikan asuhan terbaik sesuai dengan  Evidence based medicine (EBM).

Perkembangan ilmu ini dapat kalian dapatkan dengan melanjutkan di pendidikan profesi bidan atau dengan mengikuti seminar dan pelatihan kebidanan.

Hal menarik dari prodi D3 Kebidanan?

Ilmu yang kalian peroleh selama kuliah begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari, jadi sangat bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, orang-orang di sekitarmu, juga masyarakat luas.

Selain itu mata kuliah D3  Kebidanan yang kalian pelajari saat kuliah membuat kalian menjadi seseorang yang multitasking karena terbiasa menjalani berbagai peran, kamu dituntut untuk luwes bergaul namun tetap bisa serius dan teliti saat menghadapi pasien. 

Menariknya bidan juga kerap dianggap memiliki pribadi yang kuat, mandiri, lemah lembut, mudah bergaul, dan punya sifat keibuan. Nah, selain garansi menantu idaman menjadi bidan akan membuat kalian dihormati karena pekerjaan kalian mulia yakni menolong ibu melahirkan.

Bagaimana? Tertarik menjadi bidan? Silahkan daftarkan diri kalian di prodi D3 Kebidanan IIK Bhakti Wiyata.

 

 

Artikel Terkait


1. Peran Penting Seorang Bidan Bagi Ibu Hamil di Tengah Pandemi COVID-19

 

"Developing Health Experts"

Site Traffic
Site Traffic Last 7 days Last 24 Hours 36,896 
Site Traffic Last 7 days Last 7 days 145,788 
Site Traffic Last 7 days Last 30 days 677,612 
  ONLINE NOW 309 
CONTACT
Jl. KH. Wahid Hasyim 65
Kediri 64114 Jawa Timur
Map IIK
(Fakultas Kedokteran Gigi & SMK)
(Fakultas Ilmu Kesehatan & Fakultas Farmasi)
(Program Profesi, Alih Jenjang, dan Fakultas Sains Teknologi dan Analisis)
Follow Us Instagram IIK Facebook IIK Youtube IIK Twitter IIK
 

"Developing Health Experts"

 
CONTACT
Jl. KH. Wahid Hasyim 65
Kediri 64114 Jawa Timur
Map IIK
(Fakultas Kedokteran Gigi & SMK)
(Fakultas Ilmu Kesehatan & Fakultas Farmasi)
(Program Profesi, Alih Jenjang, dan Fakultas Sains Teknologi dan Analisis)
Follow Us Instagram IIK Facebook IIK Youtube IIK Twitter IIK