Ingin Kuliah D3 Kebidanan, Wajib Tahu Prosedur Mengurus STR

Ingin Kuliah D3 Kebidanan, Wajib Tahu Prosedur Mengurus STR

Namanya juga kuliah D3 Kebidanan, lulusannya disiapkan untuk menjadi bidan. Namun untuk berprofesi sebagai bidan, ada beberapa tahapan yang wajib kalian lewati. Tak cukup sampai kuliah D3 Kebidanan hingga mendapatkan gelar Ahli Madya Kebidanan (A.Md.Keb), namun penting juga melanjutkan pendidikan sampai jenjang Pendidikan Profesi Bidan dan mendapatkan gelar bidan (Bd). 

Ternyata langkah menjadi bidan tak berhenti di gelar Bidan, kalian perlu mengurus Surat Tanda Registrasi (STR), yaitu bukti tertulis yang diberikan oleh konsil masing-masing kepada tenaga kesehatan yang telah diregistrasi. STR dapat diperoleh jika setiap tenaga kesehatan, termasuk bidan, telah memiliki ijazah dan sertifikat uji kompetensi yang diberikan kepada peserta didik setelah dinyatakan lulus ujian program pendidikan dan uji kompetensi. 

Ingin Kuliah D3 Kebidanan, Wajib Tahu Prosedur Mengurus STR

Ijazah diterbitkan oleh perguruan tinggi masing-masing dan sertifikat uji kompetensi diterbitkan oleh DIKTI. Kini proses mendapatkan STR makin dipermudah, bidan dapat melakukan registrasi melalui sistem online. 

Melengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Sebelum registrasi STR baru, kalian perlu mempersiapkan beberapa dokumen, berikut ini.

  • Ijazah pendidikan bidang Kesehatan
  • Surat keterangan sehat dokter ber-SIP
  • Pas foto terbaru
  • KTP
  • Sertifikat Kompetensi/Sertifikat Profesi
  • Surat sumpah profesi
  • Surat patuh etika profesi

Setiap dokumen itu nantinya diunggah saat registrasi di website ktki.kemkes.go.id. Tidak boleh asal upload, dokumen-dokumen itu memiliki persyaratan yang harus dipenuhi. Misalnya, pas foto terbaru berukuran 4×6, latar belakang merah, posisi tegak, ukuran file maksimal 200 kb, serta format png, jpg, atau jpeg. Untuk jenis dokumen lainnya, ukuran file yang diunggah maksimal 1 Mb.

Baca Juga

Mendaftar STR 

Setelah melengkapi dokumen yang dibutuhkan, kalian dapat melakukan pendaftaran. Per 1 Juni 2021, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberlakukan pendaftaran STR dengan sistem online, melalui laman Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI), yaitu ktki.kemkes.go.id. 

Pendaftaran online berlaku pada hari Senin-Jumat, kecuali libur nasional. Saat registrasi e-STR, kalian wajib menggunakan email pribadi dan dilakukan secara mandiri untuk menjamin keamanan data tenaga kesehatan.

Langkah Mendaftar STR

Berikut adalah langkah mendaftar STR D3 Kebidanan.

  1. Masuk ke laman http://ktki.kemkes.go.id.
  2. Pilih menu registrasi yang ada di halaman awal.
  3. Memasukkan PIN. Jika belum memiliki PIN, klik ‘Belum Punya PIN’. 
  4. Mengisi alamat email, nomor KTP, dan captcha, kemudian pilih menu Daftar.
  5. Jika data sudah valid, secara otomatis kolom akan terisi sehingga pendaftaran bisa dilanjutkan.
  6. Pilih menu Registrasi Baru jika pemohon belum memiliki akun.
  7. Pilih menu Lulusan Diatas Tahun 2013 jika pemohon lulus setelah tahun tersebut.
  8. Mengisi data yang meliputi perguruan tinggi, program studi, dan nomor induk mahasiswa. Jika data tak ditemukan, pemohon dapat menghubungi pihak perguruan tinggi terkait.
  9. Setelah semua data benar, pilih Konfirmasi Data ke Kemenristekdikti, lalu klik Mulai.
  10. Pada step 1, pemohon harus mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan.
  11. Selanjutnya step 2, pemohon harus mengisi data info administrasi berupa jenis tempat kerja, status tempat kerja, nama tempat kerja, alamat tempat kerja, provinsi tempat kerja, dan lainnya. Jika belum bekerja, pemohon dapat mengosongkan kolom-kolom tersebut.
  12. Dan step 3, pemohon diminta mengisi data Uji Kompetensi, antara lain Nomor Sertifikat Kompetensi, Tanggal Sertifikat Kompetensi, dan lainnya. Setelah semua terisi, klik Selesai.
  13. Muncul pemberitahuan bahwa pendaftaran pemohon sukses. Selanjutnya, data pemohon akan divalidasi oleh perwakilan organisasi profesi dan anggota Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI).
  14. Setelah permohonan disetujui, Anda harus membayar biaya registrasi dengan kode billing melalui bank yang telah ditunjuk.
  15. Cek email setelah melakukan pendaftaran. Anda dapat memeriksa di bagian Cek Status untuk mengetahui permohonan STR yang telah diajukan.

STR yang telah rampung dapat dicetak oleh pemohon sendiri melalui QR Code yang ada di akun masing-masing. Dokumen PDF e-STR dapat diunduh melalui aplikasi e-STR setelah menyelesaikan seluruh tahapan.

Sudah paham kan bagaimana mengurus STR? Yuk mulai langkahmu menjadi bidan dari kuliah D3 Kebidanan di IIK Bhakta. Kampus Kesehatan Terbaik di Kediri ini siap mencetak bidan-bidan profesional. Daftar sekarang juga!

Punya Pertanyaan? Admin kami siap membantu.

Link: