Perkembangan teknologi memunculkan dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Kegiatan masyarakat terasa lebih mudah dan cepat dengan berbagai macam teknologi. Tak terkecuali teknologi di bidang kesehatan.

Teknologi kesehatan mampu menyelamatkan nyawa manusia, menyembuhkan pasien, meningkatkan kualitas hidup manusia, dan masih banyak lainnya. Apa saja? Berikut adalah dampak positif perkembangan teknologi di bidang Kesehatan.

1. Memudahkan Akses Layanan Kesehatan

Hadirnya teknologi mampu memberikan kemudahan bagi pasien. Terutama dalam mengakses informasi dan pelayanan kesehatan. Hanya dengan ponsel dari mana saja, pasien dapat mengakses berbagai macam informasi kesehatan di internet.

Banyak layanan kesehatan juga hadir secara online. Sehingga mampu memberikan kemudahan pasien mendapatkan pelayanan kesehatan. Pasien dapat mengakses informasi, layanan konsultasi dengan dokter, hingga membeli obat secara online. Jadi hal tersebut dapat menghemat waktu pasien. Dengan kemudahan itu, diharapkan pasien lebih peduli terhadap kesehatan masing-masing.

2. Mempersingkat Waktu Tunggu Pasien

Hampir semua pusat layanan kesehatan kini memanfaatkan kecanggihan teknologi. Tujuannya, untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada pasien. Salah satunya pemanfaatan aplikasi kesehatan online. 

Dengan aplikasi itu, pasien tidak perlu menunggu berjam-jam hingga mendapatkan pemeriksaan dari dokter maupun tenaga medis lainnya. Pasien dapat membuat janji online dengan dokter. Bahkan, banyak aplikasi yang menyediakan fitur konsultasi dokter secara online atau tanpa tatap muka langsung. Sehingga dapat mempersingkat waktu tunggu pasien. Penanganan secara tepat dapat diperoleh pasien lebih cepat.

Baca Juga:

3. Teknologi Di Bidang Kesehatan Dapat Membantu Diagnosa Dokter

Alat kedokteran yang canggih dapat membantu dokter dalam mendiagnosa penyakit pasien. Contohnya yang sering kita lihat, dokter menggunakan stetoskop untuk mendeteksi denyut jantung pasien. Jika terdapat kelainan, dokter dapat mengetahuinya dengan mudah dan cepat. 

Selanjutnya, dokter dapat mendiagnosa penyakit yang dialami oleh pasien lebih akurat. Penyakit apa dan penanganan seperti apa yang diperlukan pasien. Jadi dokter dapat memberikan resep obat secara tepat.

4. Penyimpanan Data Pasien Lebih Mudah dan Aman

Setiap hari, pastinya ada banyak pasien yang datang ke rumah sakit untuk berobat. Tentunya terasa menyulitkan jika semua data pasien itu direkap secara manual. 

Namun, perkembangan teknologi kini memberikan kemudahan dalam menyimpan data-data pasien. Data pasien tersimpan lebih rapi. Juga keamanan terjaga dengan baik. 

Petugas medis juga lebih mudah mencari maupun menyimpan data kembali.

5. Mencegah Penularan Penyakit Jadi Manfaat Teknologi Di Bidang Kesehatan

Selain untuk pasien dan tenaga medis, teknologi juga dapat mencegah penularan penyakit. Contohnya pandemi Covid-19 seperti saat ini. Dengan menggunakan aplikasi Pedulilindungi, masyarakat dapat mengetahui status kesehatan masing-masing. Juga informasi tentang klasifikasi daerah terjangkit Covid-19. Sehingga masyarakat lebih mudah untuk menghindari daerah mana saja dengan intensitas penyakit lebih tinggi. Penularan penyakit pun lebih mudah dicegah.

Itulah dampak positif dari perkembangan teknologi di bidang kesehatan. Topik perkembangan teknologi di bidang kesehatan akan dipelajari lebih lanjut dalam program studi (prodi) Teknologi Laboratorium Medis. Tentunya hanya ada di IIK Bhakti Wiyata. Daftar sekarang juga!

By IIK Bhakti Wiyata

Developing Health Experts

Leave a Reply

Your email address will not be published.